Misteri Tubuh Manusia: Kenapa Pipi Memerah saat Tersipu Malu?

Kompas.com - 29/02/2020, 19:02 WIB
Irene, salah satu personel grup vokal Red Velvet membuktikan betapa menakjubkan penampilannya dengan warna bibir merona VIA KOREABOOIrene, salah satu personel grup vokal Red Velvet membuktikan betapa menakjubkan penampilannya dengan warna bibir merona

KOMPAS.com - Ketika salah memanggil nama orang atau secara tidak sengaja memecahkan gelas di restoran, mungkin Anda akan merasa sangat malu sampai membuat pipi memerah.

Bahkan yang lebih aneh, ketika Anda mendapat perhatian positif seperti dipuji, pipi Anda juga akan memerah.

Pipi merah merona adalah fenomena unik yang dimiliki manusia. Menariknya, hal ini pun sempat menjadi misteri di kalangan ilmuwan.

Lantas, mengapa pipi bisa merah merona saat malu?

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia, Kenapa Kita Punya Sidik Jari?

Dilansir The Insider, pipi merona adalah hasil dari sistem saraf simpatik, yang juga mengaktifkan adrenalin dalam pilihan fight or flight.

Ketika Anda mengalami semacam tekanan emosional, misalnya malu karena salah memanggil nama atau bertemu mata dengan seseorang yang disukai, tubuh akan melepaskan adrenalin.

Respon ini menyebabkan pembuluh darah melebar sehingga darah dan oksigen dapat bergerak lebih cepat mengalir.

Vena pada wajah juga akan melebar, menyebabkan lebih banyak darah mengalir di sana dan inilah yang membuat wajah memerah ketika malu.

Beberapa orang lebih mudah tersipu malu dibanding orang lain. Bahkan ada beberapa orang yang memiliki erythrophobia, yakni fobia atau ketakutan berlebih dalam diri sendiri ketika pipinya merona.

Kata Charles Darwin soal pipi memerah

Charles Darwin pernah menulis bahwa wajah memerah merupakan ekspresi paling aneh dan paling manusiawi.

Apa yang dikatakan Darwin itu pun disepakati oleh para ilmuwan modern. Dengan kata lain, ini masih menjadi teka-teki atau misteri bagi para ilmuwan.

Para ilmuwan sebenarnya masih belum meyakini kenapa wajah memerah, meski ada beberapa teori menarik terkait hal ini.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X