Kompas.com - 22/02/2020, 10:30 WIB
Ilustrasi ikan killifish Afrika Ilustrasi ikan killifish Afrika


KOMPAS.com - Sebuah penelitian tentang ikan killifish pirus Afrika mengungkap rahasia di balik fenomena biologis yang dapat menghentikan kehidupan embrionik.

Melansir The Independent, Sabtu (22/2/2020), temuan dari studi ini dinilai memberikan implikasi potensial bagi penuaan manusia.

Spesies ikan seperti killifish, ternyata memiliki fakta unik, yakni dapat menempatkan diri dalam keadaan mati suri, yang dikenal sebagai diapause.

Dalam keadaan ini, sebagai embrio, secara efektif menghentikan proses penuaan untuk membantu organisme bertahan hidup di lingkungan ekstrem.

Baca juga: Unik dan Langka, Ada Ikan Pari Manta Berwarna Pink di Australia

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal akademik Science ini menemukan embrio menempatkan fungsi seperti pertumbuhan sel dan pengembangan organ yang bisa ditahan selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mekanisme diapause pada killifish Afrika ini, diklaim peneliti dapat membantu dalam proses pengobatan penyakit terkait penuaan, bahkan pemeliharaan kesehatan organ manusia.

"Alam telah mengidentifikasi cara-cara untuk menghentikan waktu," ungkap Anne Brunet, ahli genetika dari Stanford University dalam laporan tersebut.

Penelitian menunjukkan adanya gen yang terlibat dalam proliferasi sel dan pengembangan organ dimatikan selama diapause embrionik pada ikan killifish pirus Afrika.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Apakah Ikan juga Tidur?

Sementara itu, gen yang bertindak sebagai pemantau sistem dikirimkan sinyal yang lain terkait pemeliharaan otot, sistem metabolisme juga akan terpengaruh.

Studi ini menemukan adanoya protein yang disebut CBX7, yang selama diapause berlangsung menunjukkan peningkatan produksi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.