Kemenkes Dapat 4 Pesan Strategis Kesehatan dari Presiden, Apa Saja?

Kompas.com - 20/02/2020, 09:02 WIB
Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto memberikan keterangan kepada wartawan menjelang kedatangan WNI dari natuna di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu (15/2/2020). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGMenteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto memberikan keterangan kepada wartawan menjelang kedatangan WNI dari natuna di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu (15/2/2020).


KOMPAS.com - Permasalahan kesehatan selalu menjadi momok mengkhawatirkan, baik bagi individu maupun pemerintah selaku penjamin kesejahteraan negara.

Dalam keterangan resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Menteri Kesehatan Republik Indonesia (RI), dr Terawan Agus Putranto menyebut, pihaknya mendapatkan empat pesan strategis langsung dari Presiden Joko Widodo terkait di bidang kesehatan di negara ini.

Keempat pesan strategis tersebut merupakan tantangan dan fokus Kementerian Kesehatan untuk segera ditangani.

Berikut 4 pesan strategis bidang kesehatan:

Baca juga: Radiasi Nuklir di Serpong, Bagaimana Dampaknya pada Kesehatan?

1. Menurunkan angka stunting

Stunting telah digaungkan sejak lama untuk segera ditekan angka penderitanya. Dalam mengatasi stunting ini, telah ditetapkan program percepatan pencegahan stunting secara konvergensi, melalui intervensi spesifik dan intervensi sensitif.

Intervensi spesifik merupakan tanggungjawab kementerian kesehatan. Sementara, intervensi sensitif menjadi tanggungjawab kementerian maupun lembaga lain.

Intervensi sensitif ini berupa ketersediaan sumber pangan, ketersediaan air bersih dan sanitasi, pemberdayaan masyarakat, peningkatan pengasuhan di tingkat keluarga dan masyarakat, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat tidak mampu.

Untuk mencapai target intervensi agar angka stunting menurun, Kemenkes berkolaborasi dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta Kementerian Agama.

Baca juga: Kemenkes: Tidak Ada yang Positif Virus Corona di Indonesia

Menkes Terawan mengatakan kolaborasi ini dirasakan sangat berperan penting mengingat intervensi spesifik yang menjadi tanggungjawab Kementerian Kesehatan hanya berkontribusi sebesar 30 persen dalam penanganan stunting.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X