Kompas.com - 19/02/2020, 20:32 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Sebuah riset baru menemukan apa yang disebut dengan "mesin kesadaran" di dalam otak monyet.

Temuan ini berpotensi menjadi cikal bakal cara untuk membangunkan orang yang koma, menerapi orang-orang dengan gangguan kesadaran atau sebaliknya, memastikan pasien tetap terbius saat menjalani prosedur medis yang membutuhkan waktu lama.

Para ahli menemukan mesin kesadaran ini ketika mempelajari otak dua monyet makaka.

Untuk diketahui, otak monyet makaka sangat mirip dengan otak manusia sehingga sangat ideal digunakan untuk mempelajari topik ini.

Tidak seperti studi-studi sebelumnya yang mempelajari bagian-bagian tertentu dari otak monyet, tim peneliti kali ini merekam aktivitas beberapa bagian otak monyet sekaligus.

Baca juga: Misteri Otak Berumur 2.600 Tahun yang Masih Utuh, Ahli Temukan Penyebabnya

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari Big Think, Jumat (14/2/2020); peneliti senior Yuri Saalmann dari University of Wisconsin, Madison, mengatakan kepada Cell Press, kami merekam dari beberapa area sekaligus untuk melihat bagaimana keseluruhan jaringan (otak) bekerja.

Otak kedua monyet itu direkam saat mereka dalam keadaan terbangun, tidur dan dibius. Sambil merekam, para ahli juga memberikan stimulasi listrik yang menyerupai aktivitas otak saat bangun pada bagian-bagian tertentu.

Tujuannya adalah untuk mengidentifikasikan mekanisme minimum yang dibutuhkan oleh otak untuk menghasilkan kesadaran.

Anggota tim peneliti lainnya, Michelle Redinbaugh, mengatakan, ini (mestimulasi sambil merekam) membuat kita dapat memanipulasi kesadaran secara langsung dan merekam perubahan komunikasi dan aliran informasi dengan tingkat sepsifitas spasial dan temporal yang sangat tinggi.

Baca juga: Singapura Resmikan Bank Otak Pertama di Asia Tenggara, Ini Tujuannya

Central Lateral Thalamus

Rupanya, mesin kesadaran ada pada bagian otak yang disebut central lateral thalamus. Bagian ini terletak di otak bagian depan.

Halaman:


Sumber Big think
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X