Ilmuwan Pernah Teliti Virus Kelelawar di Sulawesi, Ini Temuannya

Kompas.com - 14/02/2020, 12:03 WIB
Ilustrasi kawanan kelelawar. SHUTTERSTOCKIlustrasi kawanan kelelawar.

KOMPAS.com - Merebaknya penyakit virus corona Wuhan (Covid-19) yang berasal dari virus kelelawar membuat khawatir beberapa pihak. Pasalnya, beberapa komunitas di Indonesia juga mengonsumsi daging kelelawar tersebut.

Peneliti Pusat Studi Satwa Primata IPB, Dr drh Joko Pamungkas MSc, menyampaikan bahwa kekayaan satwa di Indonesia memungkinkan adanya risiko penularan wabah layaknya Covid-19.

"Semakin besar keragaman, maka semakin besar juga risiko potensi wabah," kata Joko dalam acara "Menyikapi Virus Corona 2019-nCoV: Dari Lembaga Eijkman untuk Indonesia", Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Baca juga: Gambar Virus Corona Wuhan Covid-19 Dirilis, Begini Penampakannya

Indonesia merupakan habitat bagi sekitar 12 persen mamalia dunia, 16 persen reptil dan amfibi dunia, 17 persen burung dunia dan 25 persen adalah ikan.

Inilah yang menjadikan Indonesia sebagai negara dengan keanekaragaman hayati terkaya kedua setelah Brasil.

Joko berkata, Indonesia menghadapi peningkatan tingkat gangguan habitat dan perubahan penggunaan lahan, pembukaan hutan untuk tujuan pertanian dan pertambangan, serta meningkatnya perburuan satwa liar untuk makanan yang bisa dikonsumsi.