Tulang T-rex Muda Patahkan Mitos Adanya Tyrannosaurus Kerdil

Kompas.com - 04/01/2020, 12:06 WIB
Ilustrasi yang memperlihatkan T-rex remaja berburu mangsa. (Julius T Csotonyi/Science Advances/PA )Ilustrasi yang memperlihatkan T-rex remaja berburu mangsa.

KOMPAS.com - Tyrannosaurus rex atau T-rex hingga saat ini masih menjadi objek penelitian menarik yang terus dipelajari para ahli. Kini, satu misteri dari kehidupan dinosaurus yang dikenal ganas dan buas ini terungkap.

Petunjuk baru itu berasal dari kerangka dua Tyrannosaurus rex remaja. Dari kerangka tersebut, ahli berhasil mengungkapkan bagaimana predator tersebut tumbuh jadi pembunuh kejam, sekaligus mematahkan mitos adanya tyrannosaurus kerdil.

Kerangka T-rex yang diberi nama Jane dan Petey ini disimpan di Museum Sejarah Alam Burpee di Illinois, AS.

Baca juga: Terungkap, Rahasia T-rex Hancurkan Mangsa dalam Satu Gigitan

Sebelumnya para ahli menduga kalau kerangka tersebut merupakan spesies dinosaurus yang berbeda yang disebut Nanotyrannus.

Nanotyrannus diklaim sebagai sejenis tyrannosaurus kerdil yang hidup di zaman yang sama dengan T-rex.

Namun, pemeriksaan mikrostruktur jaringan di dalam tulang justru mengungkap bahwa kerangka-kerangka itu adalah bagian dari keluarga T-rex.

"Fosil itu ternyata merupakan T-rex yang mati di usia remaja," kata Dr Holly Woodward, profesor anatomi di Oklahoma State University Center for Health Sciences.

Dari perhitungan cincin tahunan di dalam tulang, peneliti menyebut jika T-rex berumur 13 dan 15 tahun.

Baca juga: Kecil dan Berbulu, Inilah Rupa Menggemaskan Bayi T-Rex

Dari kerangka tersebut ahli menemukan bahwa T-rex muda memiliki tubuh ramping, gesit, serta gigi tajam untuk memotong makanan.

Sementara itu, T-rex dewasa lebih lamban dan suka menghancurkan tulang mangsa mereka.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X