Ilmuwan Ungkap Populasi Lebah di Eropa Turun Drastis, Apa Penyebabnya?

Kompas.com - 08/02/2020, 20:02 WIB
Lebah. ShutterstockLebah.

KOMPAS.com - Para ilmuwan mengungkapkan populasi lebah di seluruh Eropa dan Amerika Utara menurun drastis. Penyebabnya diklaim karena suhu yang lebih panas dan ekstrim dari biasanya.

Bahkan, studi menunjukkan kemungkinan populasi lebah hidup di tempat tertentu telah menurun sebesar 30 persen dalam satu generasi manusia.

Tingkat penurunan ini tampaknya konsisten dengan kepunahan massal yang dikatakan para ilmuwan.

Penulis utama studi tersebut Peter Soroye, seorang mahasiswa PhD di University of Ottawa mengatakan timnya menemukan populasi lebah telah menghilang di daerah-daerah yang suhunya semakin panas.

Baca juga: Bak Pakai Kulkas, Begini Rahasia Lebah Awetkan Makanan

“Jika penurunan berlanjut pada kecepatan ini, banyak dari spesies ini bisa menghilang selamanya dalam beberapa dekade," ujarnya seperti dilansir The Guardian (7/2/2020).

Tim menggunakan data yang dikumpulkan selama periode 115 tahun pada 66 spesies lebah di seluruh Amerika Utara dan Eropa untuk mengembangkan model simulasi skenario "kekacauan iklim".

Setelah itu, mereka dapat melihat bagaimana populasi lebah telah berubah selama bertahun-tahun dengan membandingkan lokasi di mana serangga sekarang dengan tempat mereka dulu.

Baca juga: Hari Lebah Sedunia, Serangga Kecil Penopang Ketahanan Pangan Dunia

Hasilnya, Dr Tim Newbold, dari Pusat Penelitian Biodiversitas & Lingkungan University College London, mengatakan pihaknya terkejut melihat betapa banyak dampak dari perubahan iklim yang menyebabkan penurunan populasi lebah.

Newbold memaparkan penemuan tersebut menunjukkan penurunan yang jauh lebih besar yang mungkin dapat terjadi jika perubahan iklim dipercepat di tahun-tahun mendatang.

"Hal ini menunjukkan kita perlu upaya besar untuk mengurangi perubahan iklim jika kita ingin melestarikan keanekaragaman lebah," sambung Newbold.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X