Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Lama Ada, Kenapa Virus Corona Baru Sekarang Menginfeksi Manusia?

Kompas.com - 29/01/2020, 13:15 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Novel coronavirus atau 2019-nCoV yang mewabah di China dan belasan negara lain mengingatkan kita bahwa virus dapat bermutasi.

Sejauh ini para ilmuwan yang berusaha mempelajari virus corona Wuhan meyakini, penyakit yang menyerang paru-paru dan saluran pernapasan ini ditularkan oleh satwa liar ke manusia.

Ini artinya, virus corona 2019-nCoV merupakan penyakit zoonosis yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia.

Kepala Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Cahyo Rahmadi telah mengingatkan bahwa sejumlah satwa liar berpotensi membawa penyakit.

Baca juga: Terobosan Signifikan, Ahli Duplikat Virus Corona untuk Tangani Wabah

"Hewan yang dominan berpotensi membawa penyakit adalah tikus, kelelawar, celurut, hewan karnivora, dan kelompok primata seperti monyet," kata Cahyo dalam rilis resmi LIPI pada Jumat (24/1/2020).

Lantas, bagaimana virus corona dari hewan dapat menginfeksi manusia?

Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) drh. Muhammad Munawaroh, M.M menjelaskan bahwa virus corona bukan sesuatu yang baru bagi satwa liar.

"Virus corona di hewan (liar), sejak dulu memang sudah ada. Namun yang saat ini kan terjadi mutasi sehingga disebut dengan Novel coronavirus (2019-nCoV)," kata Munawaroh kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Rabu (29/1/2020).

Munawaroh menjelaskan, virus corona tersebut dimiliki hewan-hewan seperti kelelawar dan kucing.

"Tapi pada waktu dulu, virus itu tidak menular ke manusia. Tapi dengan adanya mutasi, muncullah bentuk baru dari virus yang bisa menginfeksi manusia," jelasnya.

Mutasi virus tersebut dipengaruhi oleh berbagai macam hal. Menurut Munawaroh, tujuan virus bermutasi untuk bertahan agar terus hidup.

"Jadi semua makhluk hidup, termasuk bakteri dan virus itu dia kan ingin survive di alam, sehingga dia bermutasi. Itu alasannya," kata Munawaroh.

Tentang virus corona Wuhan

Virus corona merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit ringan seperti pilek dan penyakit yang serius seperti MERS dan SARS.

Virus corona merupakan single stranded RNA (ssRNA) virus yang umum ditemukan pada berbagai hewan yang berkeliaran di atas tanah seperti mamalia, burung dan reptil.

Beberapa jenis virus corona dikenal dapat menyebabkan infeksi akut pada saluran pernapasan bagian atas maupun bawah pada manusia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com