Hiu Berjalan Spesies Langka di Indonesia, Ini Keunikannya

Kompas.com - 22/01/2020, 17:33 WIB
Hemiscyllum halmahera Mark Erdmann/CIHemiscyllum halmahera


KOMPAS.com - Empat spesies baru hiu tropis yang ditemukan berjalan dengan siripnya, sempat menggegerkan perairan di Australia bagian utara dan Papua.

Namun, ternyata hiu berjalan bukanlah spesies baru, tetapi spesies yang sudah cukup lama ditemukan.

Hiu berjalan ditemukan selama 12 tahun penelitian oleh sejumlah peneliti dari Conservation International, CSIRO, Florida Museum of Nature History, LIPI dan Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia.

Lantas, kenapa disebut hiu berjalan?

Baca juga: Setelah Hiu Berjalan, Kini Halmahera Punya Tikus Berduri

Pakar Hiu Oseanografi LIPI, Fahmi yang juga turut serta dalam penelitian itu mengungkapkan hiu berjalan bentuknya sedikit berbeda dari jenis hiu yang biasa dikenal masyarakat awam.

Kelompok ini termasuk jenis hiu berukuran kecil, umumnya berukuran kurang dari 80 sentimeter. Memiliki motif yang bervariasi, hidupnya di dasar perairan karang.

"Kadang orang menyebutnya hiu tokek atau hiu bambu," ujar Fahmi kepada Kompas.com.

Fahmi menambahkan karena kekhasannya yang dapat berenang di dasar perairan seperti sedang berjalan dengan menggunakan sirip dadanya, hiu ini pun disebut juga hiu berjalan.

Salah satu peneliti hiu berjalan, Dr. Christine Dudgeon dari University of Queensland mengatakan hiu bermotif adalah predator teratas di terumbu karang.

Saat air surut mereka menggunakan siripnya untuk berjalan di air yang sangat dangkal.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X