Mikroba di Dasar Laut Samudra Pasifik, Ungkap Nenek Moyang Eukariota

Kompas.com - 20/01/2020, 18:33 WIB
Ilustrasi mikroba. Tribun BanjarmasinIlustrasi mikroba.


KOMPAS.com - Sebuah mikroba yang ditemukan di dasar laut berlumpur di Samudra Pasifik, diklaim dapat mengungkap kehidupan nenek moyang eukariota.

Eukariota merupakan organisme dengan sel nukleus dan dilapisi membran lainnya. Melansir Live Science, Senin (20/1/2020), mikroba ini ditemukan di dasar samudra dengan bentuk seperti gumpalan yang memiliki tentakel.

Peneliti mengklaim mikroba tersebut mungkin menyimpan rahasia tentang bagaimana bentuk kehidupan multiseluler pertama berkembang.

Jauh sebelum organisme kompleks ada, dunia merupakan rumah bagi organisme bersel tunggal, archaea dan bakteri. Mikroorganisme diketahui telah berevolusi antara 2 miliar tahun dan 1,8 miliar tahun lalu.

Baca juga: Mikroba Esktrem Ditemukan Terperangkap Kristal di Dasar Laut Jepang

Evolusi itu mengarah pada kehidupan yang lebih kompleks yang disebut eukariota, sebuah kelompok yang mencakup manusia, hewan, tumbuhan dan jamur.

Namun, munculnya gumpalan ini menunjukkan perjalanan yang luar biasa dari suatu kehidupan, yang mencoba diulik oleh para ilmuwan.

Sebelumnya, para ilmuwan berhipotesis, sekelompok mikroba yang disebut Asgard archaea adalah nenek moyang eukariota yang banyak dicari.

Sebab, mikroba ini memiliki gen yang mirip dengan sejenisnya. Untuk menganalisanya, sekelompok peneliti dari Jepang telah menghabiskan satu dekade untuk mengumpulkan analisa lumpur dari dasar Omine Ridge di lepas pantai Jepang.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Mikroba di Stasiun Luar Angkasa Internasional

Tim peneliti menyimpan sampel lumpur dan mikroorganisme di dalam bioreaktor khusus di laboratorium. Bioreaktor ini dibuat dengan kondisi lingkungan laut, di mana mikroorganisme itu ditemukan.

Selama bertahun-tahun, tim mulai mengisolasi mikroorganisme di dalam sampel. Tujuan awal para ilmuwan adalah untuk menemukan mikroba yang memakan metana dan yang mungkin dapat membersihkan kotoran.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X