Ilmuwan Temukan Mikroba di Stasiun Luar Angkasa Internasional

Kompas.com - 28/04/2019, 18:13 WIB
Ilustrasi mikroba.Tribun Banjarmasin Ilustrasi mikroba.

KOMPAS.com - Beberapa waktu yang lalu, para ilmuwan menyebut telah menemukan mikroba di Stasiun Luar Angkasa Internasional ( ISS). Kini sebuah penelitian lanjutan dilakukan untuk mengidentifikasi mikroba tersebut.

Tim kemudian menganalisis sampel yang dikumpulkan dari 8 lokasi di ISS selama tiga peluncuran dalam kurun waktu 14 bulan. Sampel didapat dari jendela, toilet, alat olahraga, meja makan, hingga tempat tidur para astronot.

Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar mikroba di ISS berkaitan dengan manusia.

Dari sampel tersebut, sebagian mikroba yang paling umum ditemukan adalah Staphylococcus (26 persen); Pantoea (23 persen), dan Bacillus (11 persen).

Baca juga: Kepala NASA: Rudal Anti-Satelit India Bahayakan ISS dan Astronot

Mikroba-mikroba itu sangat akrab dengan Bumi. Bahkan, biasanya mereka menimbulkan risiko kesehatan di Bumi.

Misalnya saja, Staphylococcus aureus yang sering ditemukan di kulit dan di dalam hidung.

Karena orang-orang

Dalam laporan di jurnal Microbiome, para peneliti mengatakan bahwa bakteri tersebut umum ditemui di gym, kantor, atau rumah sakit. Ini berarti, mikroba di ISS muncul karena adanya para astronot.

"Mikroba spesifik berada di dalam ruangan di Bumi telah terbukti berdampak pada kesehatan manusia. Temuan ini bahkan lebih penting bagi para astronot selama penerbangan ke luar angkasa, karena saat itu mereka tidak memiliki akses medis seperti di Bumi," ungkap Kasthuri Venkateswaran, salah satu penulis penelitian ini dikutip dari Health24, Sabtu (27/04/2019).

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X