Kebakaran Australia: Ini Misi Penyelamatan Pohon Pinus Dinosaurus

Kompas.com - 18/01/2020, 11:03 WIB
Damkar Australia cegah kebakaran terjadi di hutan pinus purba yang lokasinya dirahasiakan. sciencealertDamkar Australia cegah kebakaran terjadi di hutan pinus purba yang lokasinya dirahasiakan.


KOMPAS.com - Kebakaran Australia tidak hanya mengancam miliaran ekor satwa, tetapi juga mengancam kawasan hutan pinus Dinosaurus yang ada di benua ini sejak ratusan tahun lalu.

Para tim pemadam kebakaran ( damkar) Australia melakukan misi rahasia untuk menyelamatkan hutan pinus prasejarah itu dari ancaman kebakaran hebat tersebut.

Pohon pinus yang dimaksud adalah pinus Wollemi bernama latin Wollemia nobilis yang dikenal sebagai pohon dinosaurus.

Melansir Science Alert, pohon-pohon pinus ini begitu berarti karena merupakan salah satu tumbuhan tertua dan langka di dunia.

Baca juga: Kebakaran Australia, 1 Miliar Hewan Diperkirakan Mati Dilumat Api

Ahli menyebut kalau pohon-pohon tersebut sudah ada sejak 200 juta tahun yang lalu, lebih tua dari dinosaurus.

Sedikitnya masih tersisa sekitar 200 pohon yang bisa ditemukan di alam liar. Saking berharganya, pemerintah Australia sampai menyembunyikan lokasi hutan pinus tersebut dari publik.

Orang-orang hanya mengetahui kalau pinus Wollemi berada di Blue Mountains, sebuah ngarai yang terletak di barat laut Sydney. Namun, lokasi pastinya tidak ada yang mengetahui.

Saat api mulai mendekati area hutan pinus itu, perlu segera dilakukan tindakan untuk menyelamatkan pohon- pohon pinus prasejarah ini.

Misi penyelamatan pohon Dinosaurus

Misi rahasia pun digelar sebagai pencegahan kerusakan hutan pinus. Pemadam kebakaran menyiramkan air dari udara dan menjatuhkan penghambat api di area pinus.

Baca juga: NASA: Asap Kebakaran Hutan Australia Menyebar ke Seluruh Dunia

Sementara itu, petugas kebakaran khusus membuat sistem irigasi di sekitar ngarai yang berfungsi menjaga kelembaban hutan.

Menteri Lingkungan negara bagian New South Wales, Matt Kean menggambarkan operasi tersebut sebagai misi perlindungan lingkungan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X