Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kebakaran Australia: Ini Misi Penyelamatan Pohon Pinus Dinosaurus

Para tim pemadam kebakaran (damkar) Australia melakukan misi rahasia untuk menyelamatkan hutan pinus prasejarah itu dari ancaman kebakaran hebat tersebut.

Pohon pinus yang dimaksud adalah pinus Wollemi bernama latin Wollemia nobilis yang dikenal sebagai pohon dinosaurus.

Melansir Science Alert, pohon-pohon pinus ini begitu berarti karena merupakan salah satu tumbuhan tertua dan langka di dunia.

Ahli menyebut kalau pohon-pohon tersebut sudah ada sejak 200 juta tahun yang lalu, lebih tua dari dinosaurus.

Sedikitnya masih tersisa sekitar 200 pohon yang bisa ditemukan di alam liar. Saking berharganya, pemerintah Australia sampai menyembunyikan lokasi hutan pinus tersebut dari publik.

Orang-orang hanya mengetahui kalau pinus Wollemi berada di Blue Mountains, sebuah ngarai yang terletak di barat laut Sydney. Namun, lokasi pastinya tidak ada yang mengetahui.

Saat api mulai mendekati area hutan pinus itu, perlu segera dilakukan tindakan untuk menyelamatkan pohon- pohon pinus prasejarah ini.

Misi penyelamatan pohon Dinosaurus

Misi rahasia pun digelar sebagai pencegahan kerusakan hutan pinus. Pemadam kebakaran menyiramkan air dari udara dan menjatuhkan penghambat api di area pinus.

Sementara itu, petugas kebakaran khusus membuat sistem irigasi di sekitar ngarai yang berfungsi menjaga kelembaban hutan.

Menteri Lingkungan negara bagian New South Wales, Matt Kean menggambarkan operasi tersebut sebagai misi perlindungan lingkungan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Namun ia mengaku belum dapat memastikan apakah upaya yang telah dilakukan akan berhasil.

"Kebakaran terjadi di sana dan ada asap tebal, sehingga kami tidak dapat memastikan apakah pinus-pinus itu rusak atau tidak. Kami semua masih menunggu," kata Kean, seperti di kutip dari Science Alert, Jumat (17/1/2020).

Pinus Wollemi sendiri dapat tumbuh mencapai 40 meter. Pohon tersebut diyakini telah ada sejak periode Jurassic, yakni sekitar 200 juta tahun yang lalu.

Sebelumnya, banyak pihak menduga jika pohon-pohon itu sudah punah. Namun pada tahun 1994, seorang penjaga taman nasional menemukan keberadaan pinus Wollemi.

Sejak saat itu, lokasi hutan pinus dirahasikan dan dijaga ketat untuk melindungi pohon dari pengunjung.

"Kunjungan ilegal tetap menjadi ancaman signifikan bagi kelangsungan hidup pinus Wollemi di alam liar. Ada risiko dari pengunjung seperti menginjak-injak tunas baru dan membawa penyakit yang dapat menghancurkan populasi yang tersisa," sambung Kean.

Kebakaran hutan di Australia yang terjadi sejak tahun lalu, sedikitnya telah merenggut nyawa 28 orang, menghancurkan lebih dari 2.000 rumah, dan membakar 10 juta hektar wilayah.

Bahkan sekitar satu miliar hewan juga diperkirakan mati akibat kebakaran Australia itu.

https://sains.kompas.com/read/2020/01/18/110300323/kebakaran-australia-ini-misi-penyelamatan-pohon-pinus-dinosaurus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke