Badai Matahari Sebabkan Paus Abu-abu sering Terdampar, Kok Bisa?

Kompas.com - 13/01/2020, 13:31 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber SPACE.COM

KOMPAS.com - Ilmuwan menilai badai matahari kemungkinan dapat menjadi penyebab paus abu-abu sering terdampar.

Prevalensi badai matahari memungkinkan meningkatkan potensi terdamparnya paus abu-abu yang sehat saat bermigrasi di lautan Bumi.

Melansir Space, hewan yang bermigrasi di lautan Bumi sangat dekat dengan matahari.

Penelitian terbaru menunjukkan paus abu-abu yang sehat, lima kali lebih mungkin untuk terdampar saat prevalensi tinggi bintik matahari.

Baca juga: Ketemu Paus Terdampar? Ini yang Bisa Anda Lakukan

Pada saat itu, badai matahari akan memancarkan gelombang radio tingkat tinggi. Temuan ini dipresentasikan dalam pertemuan Society for Integrative and Comparative Biology awal Januari lalu.

"Ini merupakan temuan yang menarik," kata ahli biologi Universitas North Carolina, Kenneth Lohmann di Chapel Hill kepada Space.

Lohmann mengatakan ada beberapa laporan sebelumnya yang menghubungkan badai magnetik dengan terdamparnya ikan paus.

"Akan tetapi, ini adalah analisis yang dilakukan sangat baik dan meyakinkan," ujar Lohmann.

Kendati demikian, para ilmuwan tidak yakin jika paus menggunakan magnetoreception sebagai navigasi.