Ketemu Paus Terdampar? Ini yang Bisa Anda Lakukan

Kompas.com - 14/05/2017, 21:57 WIB
Bangkai seekor paus ditemukan warga mengambang dan terdampar di tepi laut Dusun Hulung, Desa Iha, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Maluku, Rabu (10/5/2017) sore. handout/Abhy HafikBangkai seekor paus ditemukan warga mengambang dan terdampar di tepi laut Dusun Hulung, Desa Iha, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Maluku, Rabu (10/5/2017) sore.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Paus terdampar seperti kasus di Seram sebenarnya bukan hal baru di Indonesia. Tahun 2012 lalu, 46 paus pilot terdampar di Nusa Tenggara Timur. Tahun yang sama, paus sperma terdampar di Pantai Pakis.

Baca: Sebanyak 46 Paus Terdampar di NTT

Meski kerap mengalami kejadian paus terdampar, banyak mungkin yang belum tahu apa yang harus dilakukan. Ada yang menanggapinya dengan kagum semata sebab belum pernah melihat paus.

Kasus di Seram buktinya. Saat paus baleen yang semula diduga cumi raksasa ditemukan, warga setempat asyik "selfie" di atasnya.

Sebenarnya, ada beberapa hal yang harus dilakukan saat menemukan mamalia laut yang terdampar. Pertama, Anda mungkin bisa melihat dahulu apakah masih hewan itu masih hidup.

Jika tak bisa mengidentifikasi, ada baiknya langsung menghubungi petugas setempat untuk dilaporkan pada pihak berwenang, bisa Dinas Kelautan atau lembaga swadaya masyarakat yang mengurus tentang satwa laut.

Dalam wawancara kepada Kompas.com 2012 lalu, saat ada kasus paus sperma di Pantai Pakis, Pramudya Harzani dari Jakarta Animal Aid Network (JAAN) mengatakan, laporan warga penting.

Jika paus masih hidup, laporan segera akan memberi waktu lebih bagi petugas untuk menyelamatkannya. Paus sperma yang terdampar di Pantai Pakis berhasil diselamatkan berkat laporan cepat.

Saat itu, sejumlah tim yang terdiri dari JAAN, SAR Tagana dan Sagara Karawang serta Kopasus bekerjasama menarik paus kembali ke lautan.

Pram, paus sperma akhirnya berhasil dilepaskan pada kedalaman 19,8 meter. Setelah pelepasan, paus sempat ditunggu selama 16 menit dan tim melihat paus sudah bisa berenang di laut lepas.

Baca: Penyelamatan Paus Sperma, Pelajaran Mencintai Satwa

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X