Rekor, Paus Abu-abu Menempuh Jarak 22.500 Kilometer Tanpa Makan

Kompas.com - 20/04/2015, 22:00 WIB
Varvara, paus abu-abu yang telah memecahkan rekor terjauh dalam bermigrasi dengan jarak tempuh mencapai 22.500 kilometer. Craig Hayslip/Oregon State UniversityVarvara, paus abu-abu yang telah memecahkan rekor terjauh dalam bermigrasi dengan jarak tempuh mencapai 22.500 kilometer.
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Varvara, seekor paus abu-abu, telah bermigrasi sejauh 22.500 kilometer dari Rusia menuju Meksiko dan sebaliknya. Hebatnya lagi, selama bermigrasi, mamalia ini tanpa makan.

Paus ini memiliki suhu tubuh serupa manusia. Meski demikian, Varvara tidak memiliki kemampuan navigasi yang baik. Akibatnya, Varvara harus bermigrasi dengan jarak yang luar biasa jauh, bahkan telah mengalahkan rekor sebelumnya.

Sebelum Varvara memecahkan rekor, jarak migrasi terpanjang dipegang oleh paus bungkuk, yakni 18.839 kilometer, pada tahun 2011 silam.

Lantas, bagaimana akhirnya Varvara menemukan "jalan pulang" meski bukan makhluk dengan kemampuan navigasi yang baik? Menurut para ahli, mereka memprediksi bahwa Varvara mengatur jalur dan mendeteksi pantai.

Sejumlah paus mempelajari rute migrasi dari sang induk yang membawa mereka pada perjalanan pertama.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.