Misteri Bintang-bintang yang Hilang, Ahli Curigai Aktivitas Alien

Kompas.com - 17/12/2019, 13:02 WIB
Bintang-bintang yang beraneka ragam dan kaya ini adalah kelompok globular yang sangat besar, kumpulan bintang-bintang yang terikat gravitasi yang mengorbit Bima Sakti. Bintang-bintang yang beraneka ragam dan kaya ini adalah kelompok globular yang sangat besar, kumpulan bintang-bintang yang terikat gravitasi yang mengorbit Bima Sakti.

KOMPAS.com - Ketika sebuah bintang mati, ia akan mengalami perubahan super lambat menjadi planet kerdil putih atau dengan cepat meledak sebagai suepernova.

Namun, beberapa bintang tampak hilang begitu saja sebelum tiba-tiba muncul lagi dan hilang lagi.

Menurut para ahli yang tergabung dalam proyek Vanishing and Appearing Sources during a Century of Observations (VASCO), fenomena ini bisa jadi sesuatu yang benar-benar baru di dunia astrofisika atau bukti adanya aktivitas alien.

Baca juga: Gabung Breakthrough Listen, Teleskop Pemburu Planet NASA Ikut Cari Alien

Dalam proyek tersebut, sekelompok peneliti internasional menggunakan data-data yang tersedia bagi publik sejak tahun 1950-an.

Mereka mencari obyek-obyek langit, khususnya yang ada pada tahun '50-an', yang menghilang begitu saja dari survei langit modern.

"Menemukan bintang yang hilang-atau bintang yang tiba-tiba muncul-akan menjadi temuan luar biasa mengenai astrofisika baru melebihi yang kita tahu saat ini," ujar pemimpin proyek
Beatriz Villarroel dari Stockholm University dan Instituto de Astrofísica de Canarias, Spain.

Baca juga: NASA Siapkan Tameng Bunga Matahari untuk Berburu Planet Alien

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X