Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Misteri Bintang-bintang yang Hilang, Ahli Curigai Aktivitas Alien

KOMPAS.com - Ketika sebuah bintang mati, ia akan mengalami perubahan super lambat menjadi planet kerdil putih atau dengan cepat meledak sebagai suepernova.

Namun, beberapa bintang tampak hilang begitu saja sebelum tiba-tiba muncul lagi dan hilang lagi.

Menurut para ahli yang tergabung dalam proyek Vanishing and Appearing Sources during a Century of Observations (VASCO), fenomena ini bisa jadi sesuatu yang benar-benar baru di dunia astrofisika atau bukti adanya aktivitas alien.

Dalam proyek tersebut, sekelompok peneliti internasional menggunakan data-data yang tersedia bagi publik sejak tahun 1950-an.

Mereka mencari obyek-obyek langit, khususnya yang ada pada tahun '50-an', yang menghilang begitu saja dari survei langit modern.

"Menemukan bintang yang hilang-atau bintang yang tiba-tiba muncul-akan menjadi temuan luar biasa mengenai astrofisika baru melebihi yang kita tahu saat ini," ujar pemimpin proyek
Beatriz Villarroel dari Stockholm University dan Instituto de Astrofísica de Canarias, Spain.

Sejauh ini, para ahli telah menganalisis 15 persen dari 15.000 obyek kandidat dan menemukan 100 transien merah atau obyek-obyek berwarna merah sangat variabel di langit.

Beberapa obyek ini pernah tiba-tiba menjadi ribuan kali lebih terang dalam waktu yang singkat.

Hingga kini, para ahli belum menemukan bukti langsung yang mengaitkan obyek-obyek tersebut dengan keberadaan alien, meskipun mereka juga tidak serta-merta membuang kemungkinan tersebut.

Mereka menulis, implikasi dari menemukan (bintang yang hilang dan muncul) membentang dari bidang astrofisika tradisional ke pencarian bukti-bukti peradaban berteknologi tinggi yang lebih eksotis.

https://sains.kompas.com/read/2019/12/17/130217523/misteri-bintang-bintang-yang-hilang-ahli-curigai-aktivitas-alien

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke