Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gabung Breakthrough Listen, Teleskop Pemburu Planet NASA Ikut Cari Alien

Kompas.com - 28/10/2019, 20:04 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com - Teleskop angkasa pemburu planet luar tata surya milik NASA, Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS), secara resmi telah bergabung dalam proyek pencarian alien.

Dilaporkan oleh Independent, Jumat (28/10/2019); langkah NASA ini merupakan bagian dari kolaborasi dengan Breakthrough Listen, sebuah proyek pencarian alien yang dibiayai oleh investor teknologi Rusia Yuri Milner dan didukung oleh para ilmuwan, temasuk Stephen Hawking.

Dalam proyek ini, para ahli akan memanfaatkan keahlian TESS dalam melihat lebih dalam ke alam semesta dan mencari tanda-tanda planet lain. TESS melakukan hal ini dengan metode transit, yakni mengamati perubahan cahaya bintang yang terjadi ketika ada planet yang melewatinya.

Selain lewat perubahan cahaya, para astronom juga akan mencari biosignatures dan technosignatures yang bisa menjadi pertanda adanya peradaban alien di planet lain.

Baca juga: Robot Curiosity Potret Gumpalan Putih di Mars, Tanda Alien?

Memang, hingga saat ini para peneliti belum bisa menemukan technosignature atau tanda-tanda teknologi yang bisa secara pasti disebut berasal dari alien. Technosignature juga bisa muncul dalam berbagai bentuk, misalnya kebocoran siaran TV dan radio.

Akan tetapi, Breakthrough Listen optimis bahwa kolaborasi ini akan meningkatkan kemungkinan mereka menemukan technosignatures.

Kolaborasi ini juga akan memperluas jumlah planet yang ditarget oleh para peneliti Breakthrough Listen.

Sebagai contoh, bila TESS menemukan planet yang menarik, para ahli yang tergabung dalam Breakthrough Listen akan menambahkannya ke dalam daftar target untuk dipelajari lebih lanjut menggunakan berbagai instrumen, termasuk teleskop radio Green Bank dan Parkes di Amerika Serikat dan Australia, serta MeerKAT di Afrika Selatan.

Pete Worden, direktur eksekutif di Breakthrough Initiatives mengatakan, kami sangat senang bisa bekerja sama (dengan TESS) untuk mencoba menjawab pertanyaan paling mendalam mengenai posisi kita di Alam Semesta: Apakah kita sendirian?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com