Massa Bima Sakti Akhirnya Terungkap, Setara 890 Miliar Matahari

Kompas.com - 14/12/2019, 19:05 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com - Semua orang tahu bahwa galaksi berukuran sangat-sangat besar. Namun, seberapa besarkah galaksi kita sebenarnya?

Sebuah laporan terbaru yang belum dipublikasikan dalam jurnal mengungkapkan bahwa galaksi kita memiliki massa kira-kira 1,8 tredesiliun kilogram.

Bagi Anda yang bingung apa itu tredesiliun, itu adalah 1 dengan 42 nol di belakangnya atau 1.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.

Sebagai perbandingan, massa 1,8 tredesiliun kilogram setara dengan 890 miliar Matahari, 296 kuadriliun Bumi atau 6 miliar miliar miliar gajah.

Baca juga: Galaksi Cincin Misterius yang Membingungkan Astronom

Para ahli menemukan angka tersebut setelah menganalisis dua kompilasi data kunci untuk mengungkap cara gas, bintang dan materi lain bergerak di Bima Sakti.

Dari data tersebut, mereka mendapatkan kurva rotasi yang mengungkapkan seberapa berat galaksi kita.

Salah satu penulis studi dan astrofisikawan di Imperial College London, Fabio Iocco menjelaskan bahwa galaksi kita berputar tetapi tidak seragam.

Obyek-obyek yang berada pada jarak berbeda dari pusat galaksi mengitari pusat tersebut dengan kecepatan yang berbeda.