Massa Bima Sakti Akhirnya Terungkap, Setara 890 Miliar Matahari

Kompas.com - 14/12/2019, 19:05 WIB
Bima Sakti, galaksi populer yang merampas galaksi tetangganya. NASA, ESA, the Hubble Heritage Team (STScl/AURA)-ESA/Hubble Collaboration and A. Evans (University of Virginia, Charlottesville/NRAO/Stony Brook University)Bima Sakti, galaksi populer yang merampas galaksi tetangganya.

KOMPAS.com - Semua orang tahu bahwa galaksi berukuran sangat-sangat besar. Namun, seberapa besarkah galaksi kita sebenarnya?

Sebuah laporan terbaru yang belum dipublikasikan dalam jurnal mengungkapkan bahwa galaksi kita memiliki massa kira-kira 1,8 tredesiliun kilogram.

Bagi Anda yang bingung apa itu tredesiliun, itu adalah 1 dengan 42 nol di belakangnya atau 1.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.

Sebagai perbandingan, massa 1,8 tredesiliun kilogram setara dengan 890 miliar Matahari, 296 kuadriliun Bumi atau 6 miliar miliar miliar gajah.

Baca juga: Galaksi Cincin Misterius yang Membingungkan Astronom

Para ahli menemukan angka tersebut setelah menganalisis dua kompilasi data kunci untuk mengungkap cara gas, bintang dan materi lain bergerak di Bima Sakti.

Dari data tersebut, mereka mendapatkan kurva rotasi yang mengungkapkan seberapa berat galaksi kita.

Salah satu penulis studi dan astrofisikawan di Imperial College London, Fabio Iocco menjelaskan bahwa galaksi kita berputar tetapi tidak seragam.

Obyek-obyek yang berada pada jarak berbeda dari pusat galaksi mengitari pusat tersebut dengan kecepatan yang berbeda.

Baca juga: Kanibal sampai Zombie, Berikut 8 Galaksi Aneh di Alam Semesta

Hal ini berhubungan dengan kekuatan gravitasi galaksi yang berbeda-beda pada setiap poinnya.

"Jika Anda menghitungnya pada jarak yang berbeda-beda, dari pusat sampai ke yang paling jauh, Anda akan mendapat estimasi massa yang ada dalam jarak yang terus bertambah," kata Iocco.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X