Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Alami untuk Mengurangi Nafsu Makan yang Terbukti Ilmiah

Kompas.com - 04/12/2019, 19:04 WIB
Amalia Zhahrina,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

 

KOMPAS.COM - Demi mendapatkan berat badan ideal, Anda mungkin tergiur dengan promosi pil penahan nafsu makan. Pil ini dinilai sangat manjur untuk menjadi teman diet Anda. Namun, pil penahan nafsu makan ternyata tidak sesehat yang dikira.

Menurut National Institutes of Health (NIH), dilansir dari MedicalNewsToday (16/01/2018), pil-pil tersebut memiliki efek samping yang berbahaya.

Sebaliknya, Anda dapat menahan nafsu makan dengan cara yang lebih sehat jika menggunakan metode ‘alami’ berbasis bukti berikut ini:

1. Makan yang mengandung banyak protein dan lemak sehat

Dibanding karbohidrat, mengonsumsi protein dan lemak lebih efektif untuk memuaskan rasa lapar dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, Anda dapat menjaga dan mengendalikan nafsu makan jika mengganti sumber karbohidrat dengan protein dan lemak sehat.

Pedoman Diet untuk Orang Amerika merekomendasikan makanan tinggi protein seperti daging tanpa lemak, telur, kacang, produk kedelai, dan yogurt Yunani

Pedoman ini juga merekomendasikan seseorang mendapatkan lemak sehat dari sumber alami seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, alpukat, dan minyak zaitun.

Baca juga: Ahli: Diet Tinggi Serat dan Yogurt Bisa Kurangi Risiko Kanker Paru

2. Minum segelas besar air sebelum makan

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Nutrition pada 2016, minum segelas besar air langsung sebelum makan dapat membuat Anda merasa lebih kenyang, lebih puas dan tidak lapar lagi setelah makan.

Selain itu, penelitian lain yang dipublikasikan dalam Journal of Natural Science, Biology, and Medicine pada 2014 mengamati nafsu makan pada 50 wanita yang kelebihan berat badan.

Hasilnya, minum 1,5 liter air sehari selama 8 minggu menyebabkan penurunan nafsu makan dan berat badan. Selain itu, minum 1,5 liter air sehari selama 8 minggu juga dapat membantu mengurangi lebih banyak lemak tubuh.

3. Mengonsumsi makanan berserat tinggi

Di dalam tubuh, serat bertahan lama karena tidak memecah seperti makanan lain. Hal ini memperlambat pencernaan sehingga membuat Anda merasa kenyang sepanjang hari.

Dalam jurnal Trends in Food Science & Technology  tahun 2014, penelitian menjelaskan bahwa mengonsumsi serat dapat menjadi penahan nafsu makan yang efektif. Diet tinggi serat juga dikaitkan dengan tingkat obesitas yang lebih rendah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com