Gangguan Bipolar II, Gejala, Obat, dan Cara Mengelola

Kompas.com - 21/11/2019, 13:04 WIB
Ilustrasi shutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Gangguan bipolar II adalah salah satu bentuk kondisi kejiwaan dari gangguan bipolar. Salah satu akibat dari gangguan bipolar adalah perubahan suasana hati yang sangat drastis.

Dilansir dari Medical News Today (7/09/2017), gangguan ini merupakan penyakit seumur hidup yang dapat berubah seiring waktu. Dalam beberapa kasus, seseorang mungkin mengalami pengurangan gejala seiring bertambahnya usia.

Gangguan yang dialami bipolar II adalah episode depresi yang diikuti oleh periode hipomania.

Hipomania adalah periode suasana hati dan perilaku yang meningkat di atas perilaku normal, namun tidak seekstrem periode manik.

Baca juga: Kisah Artis Marshanda Menaklukkan Bipolar dan Akhirnya Sukses

Perbedaan Bipolar I dan Bipolar II

Perbedaan utama antara gangguan bipolar I dan gangguan bipolar II berkaitan dengan intensitas periode manik.

Gangguan bipolar I ditandai dengan episode manik sebelum atau setelah episode depresi hipomania atau depresi mayor.

Episode manik merupakan fase di mana suasana hati dan tingkat energi sangat tinggi sehingga menyebabkan masalah dengan pekerjaan dan bersosialisasi.

Kadang-kadang, episode manik yang terjadi pada gangguan bipolar I dapat memicu episode psikotik di mana orang tersebut melepaskan diri dari kenyataan.

Sebaliknya, orang dengan gangguan bipolar II tidak mengalami episode manik. Namun, ini tidak membuat gangguan bipolar II lebih ringan dari gangguan bipolar I.

Pada gangguan bipolar II, episode depresi mirip dengan gangguan bipolar I dan menyebabkan gangguan signifikan pada kehidupan sehari-hari seseorang untuk waktu yang lama.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X