Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/03/2018, 15:13 WIB
Resa Eka Ayu Sartika,
Yunanto Wiji Utomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - 30 Maret selalu diperingati sebagai hari bipolar sedunia. Tapi tahukah Anda alasan mengapa tanggal tersebut dipilih?

Ternyata tanggal tersebut merupakan hari kelahiran Vincent Van Gogh. Van Gogh sendiri merupakan salah satu pelukis yang terkenal dengan lukisan berjudul Starry Night.

Hari bipolar jatuh tepat pada pelukis tenar itu karena Van Gogh memang menderita gangguan bipolar.

Seperti yang banyak orang tahu, bipolar merupakan kondisi mental di mana seseorang dengan mudah berganti suasana hati. Emosi yang naik turun pada gangguan bipolar sering kali dianggap sebagai halangan untuk seseorang beraktivitas.

Namun, Van Gogh sendiri telah membuktikan bahwa itu tak sepenuhnya benar.

Selain Van Gogh, masih banyak seniman dan selebriti dunia yang tetap bisa berkarya meski mengidap kondisi ini. Siapa saja mereka?

Demi Lovato

Penyanyi muda ini tak pernah malu dengan kisah bipolarnya. Bahkan dia kini menjadi salah satu penyintas kampanye Be Vocal: Speak Up for Mental Health.

Lovato didiagnosis mengalami gangguan bipolar di usianya yang menginjak 22 tahun. Diagnosis tersebut datang ketika dia dalam fase manik.

"Melihat kembali ke belakang, itu masuk akal," ujarnya dikutip dari laporan People, 2011 lalu.

"Ada beberapa waktu ketika saya mengalami episode manik, saya menulis tujuh lagu dalam satu malam dan terjaga hingga pukul 5.30 pagi," imbuhnya.

Setelah mendapat diagnosis bipolar, Lovato menjalani serangkaian rehabilitasi. Lovato membuktikan kembali bahwa orang dengan bipolar tetap bisa menghasilkan banyak karya.

"Sangat mungkin untuk hidup dengan baik, merasa baik, dan menemukan kebahagiaan dengan gangguan bipolar atau kondisi mental lain jika mereka mau berjuang," kata Lovato dikutip dari laporan Women Health Mag 2015 silam.

Mel Gibson

Aktor ini memang sejak lama dikenal sulit mengendalikan emosinya. Mulai dari komentar seksis hingga masalah alkohol pernah menghampiri aktor kawakan Hollywood ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com