Mitos atau Fakta: Sakit Pinggang Pertanda Sakit Ginjal?

Kompas.com - 21/10/2019, 13:06 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Apakah Anda termasuk salah satu orang yang mengira bahwa sakit pada pinggang termasuk tanda penyakit ginjal?

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia (PERHI/InaSH), Dr Tunggul D Situmorang SpPD-KGH FINASIM, menampik hal tersebut.

“Orang sakit pinggang terus katanya itu berarti sakit ginjal, mitos saja. Tidak ada begitu sebenarnya,” kata Tunggul dalam acara acara 'Kendalikan Hipertensi, Sayangi Ginjalmu' oleh Bayer, (17/10/2019).

Tunggul menjelaskan bahwa ginjal adalah alat vital yang dibutuhkan manusia untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Ginjal terdiri dari dua buah dan terletak di area pinggang.

Baca juga: Ini Penjelasan Ahli, Hubungan Erat Hipertensi dan Gagal Ginjal

Tetapi hal itu bukan berarti orang yang sering mengalami sakit pada pinggang menderita penyakit ginjal. Meskipun selalu minum air putih dengan teratur, ataupun mengalami sakit pinggang seperti wanita yang sedang menstruasi.

“Karena letaknya di pinggang, makanya banyak disebut orang buah pinggang. Juga sakit ginjal dipersepsikan dengan sakit pinggang atau orang sakit pinggang dikaitkan dengan sakit ginjal. Padahal faktanya tidak banyak yang sakit pinggang adalah sakit ginjal, juga tidak semua sakit ginjal mengalami sakit pinggang,” tuturnya.

Gangguan ginjal yang berdampak pada sakit di daerah pinggang, dikatakan Tunggul, ialah batu ginjal.

Ilustrasi duduk sakit pinggangspukkato Ilustrasi duduk sakit pinggang

Dikutip dari Halodoc, batu ginjal dikenal juga dengan istilah nefroliatiasis. Ini merupakan kondisi saat material keras menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal.

Material ini terbentuk dari sisa zat di dalam darah yang disaring oleh ginjal lalu mengendap dan mengkristal seiring waktu.

Baca juga: Kopi dan Teh Tidak Dilarang bagi Penderita Batu Ginjal, asal...

Pada sebagian besar kasus, pengidap batu ginjal berada pada rentang usia 30-60 tahun. Diperkirakan 15 persen wanita dan 10 persen pria pernah mengalami kondisi ini selama hidup mereka.

“Batu ginjallah yang bisa menyebabkan rasa sakit di pinggang. Jadi banyak orang yang terkena sakit ginjal meskipun tidak sakit pinggang. Soalnya penyakit atau gangguan pada ginjal itu banyak sekali, batu ginjal cuma salah satunya,” ucap Tunggul.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X