Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitos atau Fakta: Sakit Pinggang Pertanda Sakit Ginjal?

KOMPAS.com - Apakah Anda termasuk salah satu orang yang mengira bahwa sakit pada pinggang termasuk tanda penyakit ginjal?

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia (PERHI/InaSH), Dr Tunggul D Situmorang SpPD-KGH FINASIM, menampik hal tersebut.

“Orang sakit pinggang terus katanya itu berarti sakit ginjal, mitos saja. Tidak ada begitu sebenarnya,” kata Tunggul dalam acara acara 'Kendalikan Hipertensi, Sayangi Ginjalmu' oleh Bayer, (17/10/2019).

Tunggul menjelaskan bahwa ginjal adalah alat vital yang dibutuhkan manusia untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Ginjal terdiri dari dua buah dan terletak di area pinggang.

Tetapi hal itu bukan berarti orang yang sering mengalami sakit pada pinggang menderita penyakit ginjal. Meskipun selalu minum air putih dengan teratur, ataupun mengalami sakit pinggang seperti wanita yang sedang menstruasi.

“Karena letaknya di pinggang, makanya banyak disebut orang buah pinggang. Juga sakit ginjal dipersepsikan dengan sakit pinggang atau orang sakit pinggang dikaitkan dengan sakit ginjal. Padahal faktanya tidak banyak yang sakit pinggang adalah sakit ginjal, juga tidak semua sakit ginjal mengalami sakit pinggang,” tuturnya.

Gangguan ginjal yang berdampak pada sakit di daerah pinggang, dikatakan Tunggul, ialah batu ginjal.

Dikutip dari Halodoc, batu ginjal dikenal juga dengan istilah nefroliatiasis. Ini merupakan kondisi saat material keras menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal.

Material ini terbentuk dari sisa zat di dalam darah yang disaring oleh ginjal lalu mengendap dan mengkristal seiring waktu.

Pada sebagian besar kasus, pengidap batu ginjal berada pada rentang usia 30-60 tahun. Diperkirakan 15 persen wanita dan 10 persen pria pernah mengalami kondisi ini selama hidup mereka.

“Batu ginjallah yang bisa menyebabkan rasa sakit di pinggang. Jadi banyak orang yang terkena sakit ginjal meskipun tidak sakit pinggang. Soalnya penyakit atau gangguan pada ginjal itu banyak sekali, batu ginjal cuma salah satunya,” ucap Tunggul.

https://sains.kompas.com/read/2019/10/21/130600623/mitos-atau-fakta--sakit-pinggang-pertanda-sakit-ginjal-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke