Ini Penjelasan Ahli, Hubungan Erat Hipertensi dan Gagal Ginjal

Kompas.com - 18/10/2019, 19:06 WIB
ilustrasi ginjal science alertilustrasi ginjal

KOMPAS.com - Hipertensi telah dinyatakan sebagai penyakit yang dapat menjadi penyebab risiko kerusakan semua organ tubuh manusia, termasuk ginjal.

Lantas muncullah pertanyaan mekanisme atau keterkaitan antara hipertensi atau tekanan darah tinggi dengan penyakit gagal ginjal.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia (PERHI/InaSH), Dr Tunggul D Situmorang SpPD-KGH FINASIM, dalam acara "Kendalikan Hipertensi, Sayangi Ginjalmu" oleh Bayer, menjelaskan dua cara hipertensi tersebut menyebabkan gagal ginjal.

Pertama, tekanan darah tinggi dapat menjadi penyebab utama Penyakit Ginjal Kronik (PGK).

Baca juga: Seluk Beluk Penyakit Senyap Gagal Ginjal, Pemicu dan Terapinya

Seiring waktu, tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah ke seluruh tubuh, termasuk pembuluh darah ginjal menjadi menebal dan kaku (atherosclerosis).

Kondisi ini menyebabkan suplai darah berkurang ke organ-organ penting seperti ginjal. Tekanan darah tinggi juga merusak unit penyaringan kecil di ginjal yang disebut nephron.

“Jika nephron itu rusak maka fungsi utama ginjal juga ikut terganggu, soalnya ginjal itu kan fungsinya menyaring dan membuang racun-racun sisa metabolisme. Biasanya racun-racun itu yang dikeluarkan melalui urin,” kata Tunggul di Madame Delima Resto, Kamis (17/10/2019).

Saat gangguan di ginjal itu terjadi, maka racun-racun dan cairan di dalam darah seluruh tubuh akan menumpuk.

“Kan dasarnya jantung itu terus memompa gimana pun kondisinya. Nah itu kalau cairan tadi sudah berlebihan dan menumpuk dalam pembuluh darah, itulah yang meningkatkan tekanan darah jadi lebih tinggi lagi dan buruknya bisa jadi pecah pembuluh darah,” tutur dia.

Baca juga: Mitos atau Fakta: Benarkah Daging Kambing Bikin Hipertensi?

Jika terjadinya pembuluh darah pecah tersebut di ginjal, maka penyakit gagal ginjal kronik sangat besar kemungkinan untuk terjadi. Kedua, tekanan darah tinggi juga bisa menjadi komplikasi PGK.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X