5 Efek Negatif Media Sosial terhadap Kesehatan Mental

Kompas.com - 14/10/2019, 18:06 WIB
Ilustrasi media sosial shutterstockIlustrasi media sosial

KOMPAS.com – Eksistensi media sosial memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Sosial media juga membuat warga dunia terkoneksi, lebih dari apapun dalam sejarah.

Warga Inggris menghabiskan 28 waktu dalam sehari hanya untuk mengakses media sosial. Orang Indonesia juga rata-rata memiliki frekuensi cukup sering dalam mengakses media sosial.

Namun terlepas dari manfaatnya, media sosial juga punya efek negatif bagi kesehatan mental. Terlalu sering mengakses media sosial akan membuat Anda tidak bahagia, bahkan terisolir dari dunia luar.

Baca juga: Kenapa Kita Suka Membandingkan Diri dengan Orang Lain di Media Sosial?

Bombardir foto selfie dengan efek beauty filter sedikit banyak mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Sementara itu, mengecek linimasa di Twitter sebelum tidur juga mempengaruhi kualitas istirahat Anda.

Mengutip The Independent, Senin (14/10/2019), berikut lima efek negatif dari media sosial terhadap kesehatan mental Anda. Apakah Anda sadar?

Rasa percaya diri

Kita kerap berbagi rasa kecemasan kepada orang lain, termasuk di media sosial. Beberapa kecemasan lain juga kita putuskan untuk disimpan saja, tanpa memberitahu warganet atau followers.

Meski begitu, membandingkan diri sendiri dengan orang lain di media sosial dengan stalking bisa meningkatkan rasa tidak percaya diri. Hal ini terbukti oleh penelitian yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan dari University of Copenhagen.

Dalam penelitian tersebut, banyak orang yang menderita “Facebook envy”. Hal ini terjadi ketika melihat post dari orang lain di Facebook dan membandingkannya dengan kondisi diri sendiri.

Ilustrasi InstagramIst Ilustrasi Instagram

Hubungan antar-manusia

Kita ini manusia. Penting untuk berkomunikasi secara verbal dan tatap mata.

Namun hal itu akan menjadi sulit apabila mata kita sangat lengket pada layar. Kita menjadi lebih dekat dengan orang di dalam layar dibanding orang di sekitar kita.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X