LIPI Kembangkan Produk Pangan Fungsional, Cegah Stunting dan Obesitas

Kompas.com - 11/10/2019, 20:05 WIB
Pangan fungsional olahan dari rumput laut dan teh hijau. Dok/LIPI Ellyvon PranitaPangan fungsional olahan dari rumput laut dan teh hijau. Dok/LIPI

KOMPAS.com - Kasus stunting di Indonesia terus menjadi perhatian berbagai pihak, baik kesehatan dan para peneliti pangan termasuk Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Meski angka prevalensi kasus stunting di Indonesia sudah mulai menurun, tetapi masih belum memenuhi standar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Di lain sisi, permasalahan obesitas juga perlu mendapat perhatian karena angkanya termasuk tinggi di Indonesia.

Baca juga: Hari Anak Nasional: Perjuangan Posyandu Bak Garda Depan Atasi Stunting

Nah, dalam upaya ikut berkontribusi mencegah kasus stunting dan obesitas, para peneliti dari Pusat Penelitian Kimia LIPI telah mengembangkan produk pangan fungsional dari bahan rumput laut dan teh.

Mengapa hal itu diperlukan? Terjadinya stunting dan obesitas dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak, padahal anak diharapkan menjadi elemen penting sebagai sumber daya manusia unggul yang mendukung pembangunan Indonesia.

Dalam produk pangan fungsional tersebut, perhatian besar para peneliti yaitu untuk memenuhi gizi pada anak.

Rumput laut untuk stunting

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Penelitian Kimia LIPI, Raden Arthur Ario Lelono dalam kegiatan media visit yang menampilkan olahan pangan dari rumput laut dan teh di Tangerang Selatan Serpong, mengatakan bahwa masih tingginya prevalensi stunting di Indonesia bukan perkara mudah untuk diselesaikan.

Perlu upaya perbaikan yang bertujuan untuk mencegah dan mengurangi gangguan secara langsung (intervensi gizi spesifik) serta upaya untuk mencegah dan mengurangi gangguan secara tidak langsung.

Baca juga: Pernah Alami Stunting Saat Kecil, Bisakah Tambah Tinggi Ketika Dewasa?

Salah satu cara untuk mencegah stunting adalah dengan memperbaiki sistem imun atau kekebalan tubuh dalam tubuh anak.

Caranya adalah dengan mengkonsumsi pangan fungsional yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X