Video Simulasi Ini Tunjukkan "Hubungan Intim" Lubang Hitam dan Galaksi

Kompas.com - 08/10/2019, 11:04 WIB
Lubang hitam masih menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga sekarang GODDARD SPACE FLIGHT CENTER/NASALubang hitam masih menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga sekarang

KOMPAS.com - Para peneliti sedang melakukan simulasi rumit untuk menjelaskan hubungan antara lubang hitam dan lingkungan di sekitarnya, termasuk galaksi.

Simulasi ini muncul setelah para astronom berpikir setiap galaksi memiliki wilayah sangat padat sebagai pusatnya, yang disebut lubang hitam supermasif.

Banyak dari lubang hitam, yang disebut nukleus galaksi aktif (AGN) memuntahkan pancaran radiasi.

Namun, masih ada banyak pertanyaan terkait hubungan antara AGN dengan galaksi yang mengelilinginya. Misalnya, apakah pertumbuhan lubang hitam sesuai dengan tingkat pembentukan bintang atau sesuai dengan massa galaksi?

Nah, simulasi komputer yang dibikin ahli inilah yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan rumit tersebut.