Video Simulasi Ini Tunjukkan "Hubungan Intim" Lubang Hitam dan Galaksi

Kompas.com - 08/10/2019, 11:04 WIB
Lubang hitam masih menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga sekarang GODDARD SPACE FLIGHT CENTER/NASALubang hitam masih menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga sekarang

KOMPAS.com - Para peneliti sedang melakukan simulasi rumit untuk menjelaskan hubungan antara lubang hitam dan lingkungan di sekitarnya, termasuk galaksi.

Simulasi ini muncul setelah para astronom berpikir setiap galaksi memiliki wilayah sangat padat sebagai pusatnya, yang disebut lubang hitam supermasif.

Banyak dari lubang hitam, yang disebut nukleus galaksi aktif (AGN) memuntahkan pancaran radiasi.

Namun, masih ada banyak pertanyaan terkait hubungan antara AGN dengan galaksi yang mengelilinginya. Misalnya, apakah pertumbuhan lubang hitam sesuai dengan tingkat pembentukan bintang atau sesuai dengan massa galaksi?

Nah, simulasi komputer yang dibikin ahli inilah yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan rumit tersebut.

Baca juga: Fenomena Langka, 3 Lubang Hitam Monster Akan Bertabrakan

Hasil simulasi

Hasil simulasi menunjukkan, ada hubungan erat - atau mengikuti istilah para peneliti, hubungan intim - antara lubang hitam dan galaksi di sekitarnya.

"Mereka tampaknya saling mengontrol dan mengatur," kata profesor bidang fisika dan astrofisika di Universitas Yale, Priyambada Natarajan, dilansir Gizmodo, Jumat (4/10/2019).

Kesimpulan tersebut berdasarkan simulasi komputer rumit yang disebut ROMULUS25 dan ROMULUSC, yang memodelkan perilaku galaksi dari Big Bang hingga saat ini.

Simulasi yang dilakukan meliputi lubang hitam di pusat gas galaksi serta bintang-bintang yang terbentuk dari gas.

Hasilnya, lubang hitam dan inang galaksi yang ada tumbuh bersama, dan itu menjadi laju pembentukan bintang secara langsung juga berkaitan dengan laju di mana lubang hitam makan.

Kata Natarajan, temuan ini menggambarkan semacam tarian antara lubang hitam dan galaksi yang disekitarnya, di mana kecepatan "makan" lubang hitam dan tingkat bintang-bintang terbentuk saling terkait satu sama lain.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Gizmodo
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X