Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Rifat Umar, Apa Sebenarnya Alasan Orang Menggunakan Ganja?

Kompas.com - 04/10/2019, 19:05 WIB
Ellyvon Pranita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ditangkapnya artis Rifat Umar (26) menambah daftar panjang figur publik yang tertangkap polisi menggunakan narkoba. Ganja adalah salah satu jenis narkoba yang paling sering dikonsumsi masyarakat dunia, termasuk Indonesia.

Pertanyaannya adalah: mengapa?

Peneliti di Institute of Mental Health Addiction and Neuroscience Jakarta, dr Hari Nugroho, MSc, menjelaskan alasan banyak orang mengonsumsi ganja.

"Alasan orang pakai ganja itu umumnya karena murah, juga ada rasa to feel good dan to feel better," kata dr Hari kepada Kompas.com, Jumat (4/10/2019).

Baca juga: Penemuan yang Mengubah Dunia: Ganja, dari Obat Anestesi sampai Simbol Budaya Hippie

Diakui dr Hari bahwa di antara jenis obat-obatan terlarang, jenis ganja menjadi yang terendah harga belinya. 

Maksud dari to feel good yang dikatakan oleh dr Hari yaitu kondisi di mana seseorang terdorong untuk memakai atau mengkonsumsi ganja karena beberapa faktor. Misalnya, ingin bersenang-senang atau penasaran.

Terutama saat berkumpul bersama teman-teman yang juga memakai ganja, ikut memakai ganja menjadi pilihan agar seseorang bisa diterima oleh lingkungan di mana dia berada.

"Terutama ini sangat rentan bagi remaja yang usia dan pola berpikirnya masih labil, juga suka ikut-ikutan teman saja," ujarnya.

Ilustrasi ganja.Thinkstockphotos Ilustrasi ganja.

Sementara, maksud dari makna to feel better yang disampaikan dr Hari yaitu suatu kondisi di mana seseorang terdorong untuk menghadapi persoalan fisik dan psikis pribadi.

Pada persoalan psikis, seseorang yang rentan terpacu ialah orang yang sering mengalami kecemasan atau kekhawatiran berlebih terhadap sesuatu.

Nah, mereka akan terdorong untuk mencari cara mengurasi rasa cemas dan khawatir yang mereka rasakan itu.

"Makanya orang (yang) pakai itu (ganja) cenderung lebih santai, ada yang tertawa atau ada distorsi ketika dia melihat sesuatu atau juga bisa jadi berhalusinasi karena ada kandungan halusinogen tadi," ucap dia.

Baca juga: Lewat Jefri Nichol Mengungkap Kisah Ganja, dari Teman Akrab jadi Musuh Bersama

Pada persoalan fisik, seseorang yang mengonsumsi ganja mungkin punya kondisi kesehatan yang tidak baik atau sedang sakit. Dia merasa lelah minum obat resep dokter, ataupun ramuan herbal sendiri.

Orang-orang dengan kondisi begitu akan cenderung mencari alternatif pengobatan untuk penyakitnya agar bisa sembuh dengan segera.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com