Lewat Jefri Nichol Mengungkap Kisah Ganja, dari Teman Akrab jadi Musuh Bersama

Kompas.com - 24/07/2019, 19:31 WIB
Iklan ganja pada koran Belanda abad 19. Ganja dinjanjikan bisa mengobati asma. Transnational InstituteIklan ganja pada koran Belanda abad 19. Ganja dinjanjikan bisa mengobati asma.

KOMPAS.com - Selasa (23/7/2019) malam, publik mendapat kabar mengejutkan. Artis muda yang jadi idola banyak remaja Jefri Nichol ditangkap di rumahnya karena memiliki ganja seberat 6,01 gram.

Penangkapan Jerfi Nichol menunjukkan bahwa ganja (Cannabis indica) bagi bangsa Indonesia adalah musuh yang siap menghancurkan.

Indonesia masa kini menggolongkan ganja sebagai narkotika, ancaman bagi bangsa. Akibat buruknya, misalnya memicu skizofrenia, disebarluaskan.

Namun luput dari pemahaman banyak pihak, ganja yang kini musuh bersama dulu pernah menjadi teman akrab bangsa Indonesia.

Buku berjudul Herbarium Amboinense yang ditulis oleh HE Rumphius, pakar tumbuhan asal Belanda, menjadi bukti keakraban bangsa Indonesia dengan ganja.

Dalam buku yang terbit tahun 1741 tersebut, ganja bagi masyarakat Maluku dideskripsikan sebagai obat mujarab. Ia bisa mengobati sesak nafas, asma, hingga gonorhea.

Baca juga: Jefri Nichol Ditangkap Bukan Masalah Ganja, tapi Zamannya

Yang menarik, Rumphius mengatakan bahwa Maluku mendapatkan bibit ganja dari Jawa. Padahal, tak banyak orang jawa akrab dengan ganja sebelum adab 19.

Katalog tahun 1915 yang dibuat oleh WG Boorsma dari Pharmacologisch laboratorium, bagian dari Kebun Raya Bogor, menunjukkan bahwa ganja akrab dengan masyarakat Jawa abad 19.

Dalam buku itu, orang Jawa digambarkan biasa mencampur ganja dengan tembakau dan menjadikannya rokok, dibungkus memakai daun pisang.

Meski dikatakan tak dikenal luas, namun masyarakat Jawa punya sebutan tersendiri untuk ganja, salah satunya adalah genji.

Pada masa itu, rokok ganja juga diiklankan di koran yang segmennya adalah orang Belanda. Orang Hindia Belanda menyebutnya Indian hemp.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X