BRG Paparkan 4 Persoalan Lahan Gambut yang Harus Dituntaskan

Kompas.com - 02/10/2019, 10:33 WIB
Suasana Kota Palangka Raya yang diselimuti asap di Kalimantan Tengah, Senin (30/9/2019). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSuasana Kota Palangka Raya yang diselimuti asap di Kalimantan Tengah, Senin (30/9/2019).

KOMPAS.com - Masalah kebakaran hutan dan lahan ( karhutla) yang dimulai sejak Agustus, masih berlangsung hingga hari ini. Selain penangan pasca terjadi kebakaran, ada banyak persoalan lahan gambut yang harus diselesaikan secara tuntas.

Hal ini disampaikan oleh badan khusus terkait restorasi gambut di Indonesia, Deputi Bidang Konstruksi, Operasi dan Pemeliharaan, Badan Restorasi Gambut (BRG), Dr Alue Dolohong.

3 Aspek yang harus diperhatikan terkait restorasi gambut

1. Mengurangi pengangkatan hidrogen

Alue mengatakan, hal pertama yang harus mendapat perhatian adalah solusi untuk mengurangi pengangkatan hidrogen penetrasi di lahan gambut. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan prosedur berbasis teknologi.

"Kita sudah tahu dan baca, air itu gimana di lahan gambut. Apalagi kalo masalah ketika ada api begitu, jalannya itu kita bisa mengatur dan menjaga airnya untuk menjaga ekosistem lahan gambut," kata Alue di Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Baca juga: BMKG Sebut Iklim di Sumatera dan Kalimantan Pengaruhi Karhutla

Hal yang dimaksudkan oleh Alue, yaitu lahan gambut pada dasarnya 90 persen mengandung air. Oleh karena itu, semua pihak harus dapat menjaga lahan gambut agar kandungan airnya tetap terpenuhi. Ini adalah sebuah prrioritas.

Terlebih lagi, perlakuan terhadap lahan gambut pada saat kekeringan di musim kemarau dan juga banjir di musim hujan.

2. Pemulihan lahan gambut

Selain prioritas kandungan air pada lahan gambut, Alue juga menyoroti restorasi lahan gambut di berbagai daerah.

"Pemulihan habitatnya (lahan gambut) harus dengan pendekatan teknologi yang sesuai di daerah, agar efektif dan efisien," ujarnya.

Pasalnya, dampak berbagai persoalan yang terjadi di alam termasuk perubahan iklim juga membuat karakteristik lahan gambut akan mengalami perbedaan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X