Lagi, Hewan Laut Terdampar di Pesisir Lumajang

Kompas.com - 26/09/2019, 18:03 WIB
Hewan laut terdampar di pesisir Lumajang, Jawa Timur. DOK.LIPIHewan laut terdampar di pesisir Lumajang, Jawa Timur.

KOMPAS.com - Hewan laut kembali terdampar di pantai di wilayah Kecamatan Pasiran, Lumajang, Jawa Timur.

Tepat pada Kamis dan Jumat (19-20 September 2019) tim peneliti dari Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menuju lokasi untuk melakukan identifikasi dan analisis terhadap laporan tersebut.

Hewan terdampar tersebut saat ini masih dalam penelitian dan identifikasi lebih lanjut. Karena hal ini bukan kali pertama ada hewan laut terdampar di pesisir pantai sebagian besar wilayah pantai Provinsi Jawa Timur.

Dilansir dari laman resmi LIPI, sebelumnya yakni Juli 2019, tim peneliti mendapatkan laporan terdapat paus bongkok (Megaptera novaeangliae) yang terdampar.

Saat ditemukan, kondisi paus bongkok itu sudah tercerai berai terbawa ombak dan arus. Potongan kulit ditemukan berserakan di beberapa tempat dan tidak ada tulang yang ditemukan.

Baca juga: Viral Video Ribuan Ikan Terdampar di Pantai Canggu, Dikaitkan Gempa Bali Hari Ini, Benarkah?

Padahal LIPI mempunyai misi untuk membawa paus bongkok untuk menjadi koleksi ilmiah Museum Zoologicum Bogoriense. Tetapi karena kejadian ini, misi tersebut harus kandas.

Bagian tubuh yang tersisa dari paus bongkok tersebut hanya beberapa ruas tulang belakang, tengkorak bagian atas, dan rahang yang kini tersimpan di kantor Seksi Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur di Probolinggo.

Sementara di bulan September, tepatnya tanggal 9 dan 16 September 2019, ada dua ekor hiu tutul terdampar di pantai Kajaran dan pantai Bambang.

Saat tim tiba di lokasi, bangkai hiu tutul ini telah dikubur di dua tempat yang berbeda.

Banyaknya hewan laut terdampar

Selama kurun waktu 2015 sampai 2019, di Indonesia tercatat sedikitnya ada 55 kejadian hewan laut terdampar. Sebanyak 30 kejadian bahkan terjadi sepanjang tahun 2019, meningkat dibandingkan sepanjang tahun 2018 yang 16 kejadian.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X