Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Hewan Laut Terdampar di Pesisir Lumajang

Kompas.com - 26/09/2019, 18:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hewan laut kembali terdampar di pantai di wilayah Kecamatan Pasiran, Lumajang, Jawa Timur.

Tepat pada Kamis dan Jumat (19-20 September 2019) tim peneliti dari Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menuju lokasi untuk melakukan identifikasi dan analisis terhadap laporan tersebut.

Hewan terdampar tersebut saat ini masih dalam penelitian dan identifikasi lebih lanjut. Karena hal ini bukan kali pertama ada hewan laut terdampar di pesisir pantai sebagian besar wilayah pantai Provinsi Jawa Timur.

Dilansir dari laman resmi LIPI, sebelumnya yakni Juli 2019, tim peneliti mendapatkan laporan terdapat paus bongkok (Megaptera novaeangliae) yang terdampar.

Saat ditemukan, kondisi paus bongkok itu sudah tercerai berai terbawa ombak dan arus. Potongan kulit ditemukan berserakan di beberapa tempat dan tidak ada tulang yang ditemukan.

Baca juga: Viral Video Ribuan Ikan Terdampar di Pantai Canggu, Dikaitkan Gempa Bali Hari Ini, Benarkah?

Padahal LIPI mempunyai misi untuk membawa paus bongkok untuk menjadi koleksi ilmiah Museum Zoologicum Bogoriense. Tetapi karena kejadian ini, misi tersebut harus kandas.

Bagian tubuh yang tersisa dari paus bongkok tersebut hanya beberapa ruas tulang belakang, tengkorak bagian atas, dan rahang yang kini tersimpan di kantor Seksi Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur di Probolinggo.

Sementara di bulan September, tepatnya tanggal 9 dan 16 September 2019, ada dua ekor hiu tutul terdampar di pantai Kajaran dan pantai Bambang.

Saat tim tiba di lokasi, bangkai hiu tutul ini telah dikubur di dua tempat yang berbeda.

Banyaknya hewan laut terdampar

Selama kurun waktu 2015 sampai 2019, di Indonesia tercatat sedikitnya ada 55 kejadian hewan laut terdampar. Sebanyak 30 kejadian bahkan terjadi sepanjang tahun 2019, meningkat dibandingkan sepanjang tahun 2018 yang 16 kejadian.

Jawa Timur menjadi provinsi dengan jumlah kejadian hewan laut terdampar terbanyak, yaitu sebanyak 20 kejadian dan selama tahun 2019 telah ditemukan 9 hewan laut yang terdampar.

Pada tanggal 16 September 2019, diberitakan adanya hiu tutul yang tersesat di perairan dekat Pembangkit Listrik Tenaga Uap Paiton, Probolinggo, Jawa Timur.

Baca juga: Terdampar, Bayi Lumba-lumba di Florida Telan Plastik dan Balon

Setelah beberapa hari, akhirnya pada 20 September 2019 hiu tutul yang memiliki nama latin Rhincodon typus yang masuk dalam famili Rhincodontidae dari kelas Chondrichthyes ini berhasil dihalau keluar dari perairan disekitar PLTU Paiton.

Total dari paus dan hiu yang terdampar di wilayah Indonesia, terdapat 14 individu dari 8 spesies yang berbeda. Hiu paus (Rhicodon typus) menjadi spesies dengan jumlah terdampar paling banyak.

Pesan dari Laut

Hiu tutul yang masuk dalam kelas hiu dan pari ini tercantum di Daftar Merah International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) yang merupakan unit Internasional untuk konservasi alam.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com