Tangani Kehamilan Berisiko Tinggi dengan Dukungan Nutrisi dan Mental

Kompas.com - 22/09/2019, 18:03 WIB
Ilustrasi perempuan hamil. THINKSTOCKPHOTOSIlustrasi perempuan hamil.

KOMPAS.com - Seorang ibu hamil bisa mengalami kehamilan berisiko tinggi bila memiliki penyakit lain seperti asma, diabetes, hipertensi, hingga kelainan jantung.

Kondisi kehamilan risiko tinggi dapat memengaruhi kondisi janin. Bila tidak ditangani dengan benar, kondisi kehamilan risiko tinggi dapat membuat bayi lahir prematur hingga cacat tubuh pada ibu.

Namun, kondisi kehamilan berisiko tinggi ini dapat ditangani. Bayi pun dapat lahir dan tumbuh sehat, asal ibu hamil melakukan beberapa hal berikut untuk meminimalisir risiko tersebut.

Baca juga: Ibu Hamil Tak Boleh Kurang Gizi, Ini Sebabnya...

Pemenuhan nutrisi ibu hamil

Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan, Dr dr Ali Sungkar SpOG(K) mengatakan, semua ibu hamil wajib melakukan kunjungan rutin ke layanan kesehatan selama masa kehamilan.

Hal ini salah satunya untuk mendapatkan saran dari tenaga medis profesional mengenai nutrisi yang dibutuhkan ibu.

Ali mengatakan, pemenuhan nutrisi selama hamil akan membantu ibu menjaga kesehatan diri sendiri dan janin.

Selain itu, menurut Ali bahwa salah satu cara yang penting dilakukan untuk mencegah dampak dari kehamilan risiko tinggi yaitu dengan memenuhi kebutuhan nutrisi makro dan mikro.

Kebutuhan nutrisi makro dan mikro bervariasi di tiap tahapan mulai dari pra-kehamilan, trisemester (1,2,3) dan masa menyusui.

"Ibu perlu memastikan asupan makanan mereka mengandung zat-zat gizi penting seperti protein, karbohidrat, lemak, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, asam folat, dan iodine," kata Ali di Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Ali mengingatkan, ibu hamil dengan risiko preeklampsia perlu memilih makanan dengan bijak, seperti menghindari garam yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Preeklamsia adalah gangguan kehamilan yang ditandai oleh tekanan darah tinggi dan kandungan protein yang tinggi dalam urine.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X