Ibu Hamil Tak Boleh Kurang Gizi, Ini Sebabnya...

Kompas.com - 19/09/2019, 07:06 WIB
Ilustrasi hamil HoneyrikoIlustrasi hamil

KOMPAS.com - Kualitas kesehatan dan gizi ibu sebelum dan selama kehamilan akan mempengaruhi kesehatan janin yang akan dilahirkan, serta menentukan tumbuh kembang si kecil di masa depan.

Sayangnya, masih banyak ibu di Indonesia yang kekurangan kualitas kesehatan serta gizi. Hal ini berpotensi mengalami kehamilan berisiko tinggi.

Jika tidak ditangani dengan baik, kondisi kehamilan risiko tinggi bisa menimbulkan dampak negatif bagi ibu dan si kecil.

Kurang gizi ibu hamil

Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan, Dr dr Ali Sungkar SpOG(K), menyatakan bahwa di Indonesia, tantangan kehamilan dengan risiko tinggi berkaitan dengan fakta kesehatan tentang kekurangan gizi makro dan mikro yang dihadapi oleh ibu hamil.

Yang termasuk dengan zat gizi makro adalah protein, karbohidrat, lemak, serat, dan air.

Sedangkan jenis zat gizi mikro lebih banyak dan bervariasi dibandingkan dengan zat gizi makro. Seperti zat antioksidan, berbagai macam vitamin, serta mineral.

Baca juga: Konsumsi Minuman Manis saat Hamil Berpotensi Obesitas pada Bayi

Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, sebanyak 48,9 persen ibu hamil di Indonesia mengalami anemia atau kekurangan darah. Sebanyak 1 dari 5 ibu hamil tercatat mengalami Kekurangan Energi Kronis (KEK).

Tak hanya itu, sekitar 1 dari 2 ibu hamil mengalami kekurangan asupan protein (SKMI 2014), sementara lebih dari 50 persen ibu hamil mengalami kekurangan asupan zat besi, zinc, kalsium, serta Vitamin A & C.

Kehamilan berisiko tinggi dapat membahayakan kesehatan ibu dan anak apabila tidak ditangani dengan baik.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X