BMKG Prediksi Sejumlah Wilayah Indonesia Bakal Hujan, Termasuk Riau

Kompas.com - 17/09/2019, 19:32 WIB
Kabut asap menyelimuti sekitar kawasan jalan G Obos, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah,  Selasa (17/9/2019). KOMPAS.com/KURNIA TARIGANKabut asap menyelimuti sekitar kawasan jalan G Obos, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Selasa (17/9/2019).

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya potensi hujan lebat yang akan terjadi dalam tiga hari kedepan (17 - 19 September 2019) di sejumlah wilayah Indonesia, salah satunya Riau.

Potensi hujan lebat terjadi disebabkan oleh Massa udara basah di lapisan rendah terkonsentrasi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kep. Riau, Papua Barat dan Papua.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (17/9/2019), daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kalimantan Utara, sebagian besar Sulawesi, Maluku Utara, Maluku dan Papua.

Indra Gustari, Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim BMKG, membenarkan bahwa kawasan Riau diprediksi turun hujan.

Baca juga: Riau Dipenuhi Kabut Asap, BPPT Siapkan Teknologi Kapur Tohor, Apa Itu?

"Benar (Riau diprediksi hujan), tapi baru sebagian dan belum merata untuk Riau. Hujan khususnya di bagian utara (Riau)," kata Indra kepada Kompas.com, Selasa (17/9/2019).

Dia menjelaskan, lokasi titik panas dan kebakaran hutan lebih banyak berada di bagian selatan Riau, Sumatera Selatan, dan Jambi.

Meski begitu, adanya potensi hujan di Riau bagian utara akan berpengaruh dan kemungkinan dapat mengurangi titik panas yang sebagian besar berada di utara Riau.

"Dari pantauan titik panas sampai hari ini, lokasinya banyak di bagian selatan dan timur Provinsi Riau," jelas Indra.

Dalam siaran pers BMKG disebutkan, terdapat daerah tekanan rendah (LPA) di Kamboja. Konvergensi terbentuk memanjang di Pesisir Barat Sumatera, Kalimantan bagian Tengah dan Papua Barat.

Daerah belokan angin terdapat di wilayah Sumatera bagian Utara, Kalimantan bagian Timur, Laut Maluku dan perairan Utara Papua Barat.

Low level jet dengan kecepatan angin mencapai lebih dari 25 kt terdapat di wilayah Filipina bagian Utara.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X