Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG Prediksi Sejumlah Wilayah Indonesia Bakal Hujan, Termasuk Riau

Kompas.com - 17/09/2019, 19:32 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya potensi hujan lebat yang akan terjadi dalam tiga hari kedepan (17 - 19 September 2019) di sejumlah wilayah Indonesia, salah satunya Riau.

Potensi hujan lebat terjadi disebabkan oleh Massa udara basah di lapisan rendah terkonsentrasi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kep. Riau, Papua Barat dan Papua.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (17/9/2019), daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kalimantan Utara, sebagian besar Sulawesi, Maluku Utara, Maluku dan Papua.

Indra Gustari, Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim BMKG, membenarkan bahwa kawasan Riau diprediksi turun hujan.

Baca juga: Riau Dipenuhi Kabut Asap, BPPT Siapkan Teknologi Kapur Tohor, Apa Itu?

"Benar (Riau diprediksi hujan), tapi baru sebagian dan belum merata untuk Riau. Hujan khususnya di bagian utara (Riau)," kata Indra kepada Kompas.com, Selasa (17/9/2019).

Dia menjelaskan, lokasi titik panas dan kebakaran hutan lebih banyak berada di bagian selatan Riau, Sumatera Selatan, dan Jambi.

Meski begitu, adanya potensi hujan di Riau bagian utara akan berpengaruh dan kemungkinan dapat mengurangi titik panas yang sebagian besar berada di utara Riau.

"Dari pantauan titik panas sampai hari ini, lokasinya banyak di bagian selatan dan timur Provinsi Riau," jelas Indra.

Dalam siaran pers BMKG disebutkan, terdapat daerah tekanan rendah (LPA) di Kamboja. Konvergensi terbentuk memanjang di Pesisir Barat Sumatera, Kalimantan bagian Tengah dan Papua Barat.

Daerah belokan angin terdapat di wilayah Sumatera bagian Utara, Kalimantan bagian Timur, Laut Maluku dan perairan Utara Papua Barat.

Low level jet dengan kecepatan angin mencapai lebih dari 25 kt terdapat di wilayah Filipina bagian Utara.

Baca juga: Hujan Buatan jadi Solusi Kabut Asap Riau, Begini Cara Membuatnya

Beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat pada hari ini (17/9) hingga lusa (19/9) terjadi di Papua.

Berdasarkan pantauan BMKG, wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir pada hari ini (17/9) dan esok hari (18/9) adalah Aceh dan Sumatera Utara.

Sedangkan untuk lusa (19/9), wilayah yang masih berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang terjadi di Aceh.

"BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan," tulis BMKG.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com