Cegah Penuaan, Hindari 8 Faktor Risiko yang Bikin Kulit Tidak Sehat

Kompas.com - 13/09/2019, 09:57 WIB
ilustrasi lansia ilustrasi lansia

KOMPAS.com - Proses penuaan pasti dialami semua orang. Namun bedanya, kapan penuaan terjadi tergantung pada faktor risiko yang dimiliki setiap orang.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Pondok Indah, dr Susie Rendra SpKK menjelaskan, cepat lambatnya proses penuaan bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor risiko.

Penyakit, konsumsi obat-obatan, pemilihan sabun, dan gaya hidup dapat berkontribusi dalam cepat lambatnya proses penuaan. Berikut penjelasannya.

1. Penyakit sistemik tertentu

Dalam pemaparannya pada acara mengenai kulit sehat di usia senja oleh RSPI, Susie menjelaskan, ada dua penyakit sistemik umum yang berpengaruh tinggi terhadap cepat munculnya tanda penuaan.

Baca juga: Kulit Lansia Rentan Alami Kelainan, Apa Saja?

Kedua penyakit sistematik yang dimaksud adalah diabetes dan malignancy.

Malignancy merupakan, keadaan atau keberadaan tumor ganas atau kanker. Maligna mengacu pada sifat penyakit dimana sekelompok sel tumbuh tidak terkendali, menginvasi dan merusakan jaringan di sekitarnya, dan kadang-kadang metastasis (menyebar ke lokasi lain di tubuh melalui getah bening).

2. Konsumsi obat-obatan

"Obat-obatan itu punya dua mata pisau ya, memang di satu sisinya untuk menyembuhkan, tapi di sisi yang lain bisa jadi 'racun'. Maksudnya dapat berefek pada fungsi organ yang lain," kata Susie di Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Dampak buruk yang dimaksud ialah terjadi peningkatan risiko alergi dan efek obat yang menyebabkan kulit kering.

Nah, kulit kering merupakan salah satu tanda penuaan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X