Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/09/2019, 08:34 WIB
Ellyvon Pranita,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lansia sering mengalami kelainan-kelainan pada kulitnya. Selain pada umumnya kulit terasa dan tampak lebih kering dan muncul keriput, ternyata ada beberapa kelainan lain yang juga kerap terjadi.

Berikut ulasannya mengenai enam kelainan kulit yang kerap terjadi akibat proses penuaan, yang dipaparkan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Pondok Indah, dr Susie Rendra SpKK, dalam acara Kulit Sehat di Usia Senja oleh RSPI di Jakarta, Kamis (12/9/2019).

1. Kulit kering

Kekeringan pada kulit yang terjadi ditandai dengan beragam, seperti kulit akan seolah bersisik atau tampak retak. Selain itu, kulit yang mengering akan tampak mengisut atau berlipat banyak.

Jika Anda memiliki salah satu dari gejala atau tanda-tanda ini, Susie menyarankan untuk menggunakan pelembap.

Baca juga: 5 Dampak Perubahan Kulit pada Lansia, Lebih Sensitif dan Gampang Memar

"Gunakanlah pelembap itu segera sehabis mandi, biar bisa diserap lebih cepat oleh kulit. Nah banyak yang gak mau pake pelembap (karena) bilangnya lengket. Nah, kalau pakainya pas kulit lagi kering-keringnya, wajar saja terasa sekali lengket di kulit itu," kata Susie di Jakarta, Kamis (12/9/2019).

2. Gatal

Pada umumnya seseorang yang sudah mengalami penuaan juga akan mengalami peningkatan sensitivitas kulit. Sensitivitas bisa menyebabkan sensasi gatal yang tak terlihat, tanpa gejala kemerahan atau bentol.

"Penampakannya enggak heboh. Enggak kayak anak muda yang kalau merasa gatal itu, pas dicek ada bintik merah lah, ada bercaklah atau apa di bagian yang terasa gatal itu. Nah, tapi pada yang sudah lanjut usia, kadang pas ditunjuk bagian yang kata mereka gatal itu, pas kita lihat memang enggak nampak apapun," ujar Susie.

Untuk mengatasi gatal, biasanya banyak orang di Indonesia akan menggunakan minyak ataupun bedak tabur. Namun, menurut Susie, itu hanya akan menghilangkan sensasi gatalnya saja alias meredakan, tetapi tidak menghilangkan faktor utama penyebab gatal tersebut terjadi.

Baca juga: Tahukah Anda, Penuaan Kulit Terjadi Mulai Usia 20 Tahun

3. Infeksi jamur candida

Jamur candida sebetulnya adalah penghuni atau penduduk alami di tubuh manusia. Ia tidak ditularkan oleh siapapun, melainkan telah dimiliki oleh semua orang.

Namun, pada saat terjadi proses penuaan, secara alami imunitas atau daya tahan tubuh akan menurun. Jika hal ini terus terjadi, jamur candida bisa muncul ke permukaan kulit tubuh dan menyebabkan infeksi.

Selain daya tahan yang menurun, faktor lain seperti diabetes dan kelembapan juga bisa menjadi faktor pendorong jamur candida ini muncul dan berkembang di permukaan kulit.

4. Infeksi virus herpes zoster

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com