Kulit Lansia Rentan Alami Kelainan, Apa Saja?

Kompas.com - 13/09/2019, 08:34 WIB
Ilustrasi keriput Ilustrasi keriput

KOMPAS.com - Lansia sering mengalami kelainan-kelainan pada kulitnya. Selain pada umumnya kulit terasa dan tampak lebih kering dan muncul keriput, ternyata ada beberapa kelainan lain yang juga kerap terjadi.

Berikut ulasannya mengenai enam kelainan kulit yang kerap terjadi akibat proses penuaan, yang dipaparkan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Pondok Indah, dr Susie Rendra SpKK, dalam acara Kulit Sehat di Usia Senja oleh RSPI di Jakarta, Kamis (12/9/2019).

1. Kulit kering

Kekeringan pada kulit yang terjadi ditandai dengan beragam, seperti kulit akan seolah bersisik atau tampak retak. Selain itu, kulit yang mengering akan tampak mengisut atau berlipat banyak.

Jika Anda memiliki salah satu dari gejala atau tanda-tanda ini, Susie menyarankan untuk menggunakan pelembap.

Baca juga: 5 Dampak Perubahan Kulit pada Lansia, Lebih Sensitif dan Gampang Memar

"Gunakanlah pelembap itu segera sehabis mandi, biar bisa diserap lebih cepat oleh kulit. Nah banyak yang gak mau pake pelembap (karena) bilangnya lengket. Nah, kalau pakainya pas kulit lagi kering-keringnya, wajar saja terasa sekali lengket di kulit itu," kata Susie di Jakarta, Kamis (12/9/2019).

2. Gatal

Pada umumnya seseorang yang sudah mengalami penuaan juga akan mengalami peningkatan sensitivitas kulit. Sensitivitas bisa menyebabkan sensasi gatal yang tak terlihat, tanpa gejala kemerahan atau bentol.

"Penampakannya enggak heboh. Enggak kayak anak muda yang kalau merasa gatal itu, pas dicek ada bintik merah lah, ada bercaklah atau apa di bagian yang terasa gatal itu. Nah, tapi pada yang sudah lanjut usia, kadang pas ditunjuk bagian yang kata mereka gatal itu, pas kita lihat memang enggak nampak apapun," ujar Susie.

Untuk mengatasi gatal, biasanya banyak orang di Indonesia akan menggunakan minyak ataupun bedak tabur. Namun, menurut Susie, itu hanya akan menghilangkan sensasi gatalnya saja alias meredakan, tetapi tidak menghilangkan faktor utama penyebab gatal tersebut terjadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X