Lewat Ekowisata, Hutan Papua dan Kekayaannya Bisa Terlestarikan

Kompas.com - 12/09/2019, 20:03 WIB
ilustrasi cendrawasih shutterstockilustrasi cendrawasih

KOMPAS.com - Para pelestari lingkungan tengah berupaya melestarikan kekayaan alami tanah dan hutan Papua melalui ekowisata.

Pasalnya, hutan hujan tropis di Indonesia telah menyusut dengan drastis dan seiring berjalannya waktu, tak banyak hutan yang tersisa di Sumatera dan Kalimantan.

Papua juga memiliki keanekaragaman hayati tertinggi di dunia berada. Ada lebih dari 20.000 spesies tanaman, 602 jenis burung, 125 mamalia dan 223 reptil di Papua.

Untuk melindunginya, para pegiat lingkungan berpendapat bahwa solusinya adalah pemanfaatan ekowisata.

Pasalnya, pemanfaatan jasa lingkungan melalui ekowisata dapat menjadikan hutan tetap lestari, menghentikan pembalakan liar dan perburuan, dan memberi masyarakat Papua manfaat finansial.