Penemuan Terbaru Ungkap Penyebab Punahnya Dinosaurus

Kompas.com - 10/09/2019, 20:07 WIB
Ilustrasi dinosaurus Australia, Fostoria dhimbangunmal. Ilustrasi dinosaurus Australia, Fostoria dhimbangunmal.

KOMPAS.com - Enam puluh enam juta tahun yang lalu, kehidupan di bumi berlangsung seperti biasanya. Reptil-reptil raksasa mendominasi kehidupan.

Herbivora raksasa yang panjangnya mencapai 40 meter bersatu dengan karnivora bipedal. Lautan dipenuhi oleh leviathans. Langit yang dikuasai oleh makhluk bersayap yang lebih besar dari jenis burung apapun dalam sejarah.

Akan tetapi setelah 180 juta tahun hidup dalam kemakmuran, hal tersebut hancur lebur.

Asteroid yang memusnahkan dinosaurus datang dan menghantam semenanjung Yucatan, Meksiko, dengan kekuatan 10 miliar bom atom dari ukuran bom atom yang digunakan dalam Perang Dunia II.

Dampaknya menimbulkan api yang membentang ribuan mil dan memicu tsunami yang menjulang tinggi dan meledakkan sulfur (belerang) ke arah atmosfer sehingga menghalangi matahari.

Akibatnya, hawa dingin timbul secara global dan menghancurkan dinosaurus. Hal inilah yang merupakan hipotesis sebagian besar ilmuwan bagaimana binatang-binatang menyeramkan tersebut lenyap.