Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Pekan, Saatnya Lakukan 6 Gerakan Latihan Otot Tanpa Alat

Kompas.com - 07/09/2019, 18:07 WIB
Ellyvon Pranita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernahkah Anda berkeinginan memiliki otot layaknya seorang binaragawan, namun tidak mau mengeluarkan biaya gym dan tidak punya alat sendiri di rumah? 

Ternyata Anda bisa melakukan hal sederhana tanpa alat untuk membentuk otot seperti yang diinginkan, serta membuat otot menjadi lebih kuat dan kekar.

Dilansir dari mnn.com, berikut enam cara latihan otot sederhana yang bisa dilakukan akhir pekan.

1. Berlari atau berjalan

Tidak perlu treadmill, Anda bisa berlari atau berjalan di lingkungan yang minim polusi misal taman kota. 

"Jika memfokuskan 80 persen energi Anda pada kardio, Anda akan melihat tubuh Anda berubah. Mereka tidak melakukan latihan langsung. Mereka melakukan kardio," kata Ashley Marriott, pelatih kebugaran yang berbasis di Los Angeles dan rekan penulis dengan Dr. Marc Paulsen dari "Dump your Trainer."

Ashley adalah pendukung besar satu trik: ketika Anda melakukan pekerjaan kardio, tarik pusar Anda ke inti Anda.

Bahkan saat Anda berjalan atau berlari, jangan hanya fokus pada kardio, pikirkan tentang perut Anda dan tarik ke dalam. Anda akan melihat peningkatan kekuatan dari itu.

Untuk melakukannya, cobalah berjalan cepat atau berlari pelan selama 15 hingga 30 menit untuk memulai. Tambahkan 5 hingga 10 menit setiap minggu.

2. Jongkok

Squat adalah salah satu latihan terbaik yang bisa Anda lakukan. Anda bisa berdiri dengan kaki selebar bahu dan letakkan tangan lurus di depan Anda atau di belakang kepala.

Mulailah dengan mendorong pinggul dan pantat ke belakang dan menekuk lutut. Lihat lurus ke depan dan jaga agar dada Anda tetap tinggi dan rata.

Punggung Anda harus tetap dalam posisi netral ini selama gerakan. Jongkok serendah mungkin dan kemudian muncul kembali ke posisi awal dengan mengemudi melewati tumit Anda.

Berat badan harus tetap pada tumit Anda selama latihan. 

3. Push-up

Melakukan push-up dapat melatih dada, bahu, dan trisep untuk latihan pembentukan otot lengkap. Untuk melakukannya, Anda dapat meletakkan tangan di tanah sedikit lebih lebar dari selebar bahu dan turunkan tubuh Anda sampai dada hampir menyentuh lantai.

Tegangkan perut Anda saat Anda menurunkan dan mengangkat tubuh Anda. Dekatkan siku ke samping untuk melindungi bahu.

Jika Anda tidak dapat melakukan push-up, mudah untuk memodifikasi melakukan gerakan yang sama dengan lutut sedikit ditekuk dan tetap di lantai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com