Perusahaan Sekarang Sering Efisiensi, Masih Pentingkah Loyalitas Karyawan?

Kompas.com - 17/08/2019, 10:06 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com – Perusahaan TV swasta NET TV sempat menjadi buah bibir karena dikabarkan akan melakukan PHK massal. Kabar ini diklarifikasi oleh COO PT Net yang mengatakan bahwa perusahaannya sedang melakukan restrategi, termasuk menawarkan pengunduran diri bagi karyawan.

Apa yang dialami oleh NET TV bukan sesuatu yang langka di Indonesia. Banyak perusahaan yang melakukan efisiensi karyawan karena persaingan industri yang semakin ketat. Lantas, masih pentingkah loyalitas karyawan pada perusahaan tempatnya bekerja?

Ria Aprilia, M.Psi., Psikolog, Softskill Trainer & Development Coach di ECC upgrad.id menyatakan bahwa loyalitas tetaplah penting untuk dimiliki oleh karyawan.

Loyalitas itu berkaitan dengan komitmen dan hal ini menunjukkan kualitas personal kita. Orang yang memiliki loyalitas tinggi cenderung dapat dipercaya dan diandalkan,” ujarnya ketika dihubungi oleh Kompas.com melalui pesan singkat pada Jumat (16/8/2019).

Baca juga: Prabowo Bahas Kenaikan Gaji ASN saat Debat, Benarkah Uang Solusinya?

Namun, loyalitas yang dimaksud oleh Ria mungkin berbeda dengan definisi Anda. Menurut dia, definisi loyalitas adalah kesanggupan individu dalam menaati dan melaksanakan sesuatu sesuai komitmen.

Bila kemudian karyawan memutuskan untuk keluar dari perusahaan setelah kontraknya berakhir dan tidak melanggar komitmen yang tercantum di dalamnya, maka karyawan tersebut tidak bisa dibilang tidak loyal.

Ria menambahkan bahwa pada lazimnya, kontrak kerja memiliki jangka waktu antara 1-2 tahun, sehingga berpindah kerja setelah periode dua tahun masih bisa dibilang wajar.

Akan tetapi, harus diingat bahwa perpindahan kerja yang terlalu sering, misalnya tiga kali dalam setahun, bisa menjadi indikasi awal tingkat loyalitas seseorang. Sebab, loyalitas seseorang, selain dari jangka waktu kerjanya, juga bisa dilihat pola perpindahan kerja dan alasan perpindahannya.

Baca juga: Profesor Harvard Buktikan Kebahagiaan Bisa Dibeli dengan Uang

Terkait penawaran pengunduran diri oleh Net TV, Ria berkata bahwa hal itu menunjukkan bahwa perusahan terbuka dan memberikan kesempatan pada karyawan untuk mempertimbangkan ulang komitmennya, berkaitan dengan perubahan yang terjadi dan kondisi perusahaan saat ini.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X