50 Tahun Pendaratan Bulan: Ada 5 Hal Unik di Perjalanan Neil Armstrong

Kompas.com - 20/07/2019, 19:03 WIB
Misi Apollo 11 Misi Apollo 11


KOMPAS.com - Hari ini tepat 50 tahun Neil Armstrong keluar dari Apollo 11 dan menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan.

"Satu langkah kecil seseorang ini untuk satu lompatan raksasa bagi umat manusia," adalah kalimat legendaris yang diucap Armstrong ketika menginjakkan kaki di Bulan.

Kru inti dari misi Apollo 11 antara lain Neil Armstrong yang bertindak sebagai komandan, Michael Collins sebagai pilot modul perintah, dan Edwin "Buzz" Aldrin Jr sebagai pilot modul lunar.

Neil Armstrong dan Buzz Aldrin merupakan dua orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan. Sementara, Michael Collins merupakan orang pertama yang mengorbit di sisi jauh Bulan.

Selain hal itu, kami telah merangkum beberapa fakta menarik tentang pendaratan Apollo 11 di bulan setengah abad lalu yang mungkin belum Anda tahu, berikut ulasannya.

1. Neil Armstrong nyaris celaka saat jalani latihan Apollo 11

Diberitakan Kompas.com dengan judul, Neil Armstrong, The Eagle Has Landed... edisi (26/8/2012), Armstrong harus belajar bagaimana menerbangkan modul yang akan mendarat secara vertikal di permukaan Bulan.

Latihan tak langsung berjalan mulus, Armstrong nyaris celaka ketika wahana latihan terguling ke samping sehingga ia harus melompat dengan kursi lontar pada ketinggian lebih dari 60 meter di atas tanah agar selamat.

Setelah beberapa tahun berlatih, akhirnya Armstrong yang berusia 38 tahun memimpin misi Apollo 11.

Baca Selengkapnya: Neil Armstrong, The Eagle Has Landed...

Sumber: Kompas.com/A. Wisnubrata

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X