Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati 50 Tahun Pendaratan di Bulan, LEGO Bikin Model Apollo 11

Kompas.com - 06/06/2019, 13:04 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Pada Juli nanti, misi luar angkasa berawak pertama milik NASA - Apollo 11 - genap 50 tahun.

Untuk memperingati peristiwa bersejarah itu, perusahaan mainan LEGO bekerja sama dengan NASA merilik replika Apollo 11 Eagle Lunar Lander.

Replika para astronot yang dibikin LEGO ini diberi sentuhan realistis dan tidak terlihat kaku.

Melansir Science Alert Rabu (5/6/2019), pembuatan set LEGO ditujukan sebagai penghargaan untuk tiga astronot Apollo 11 - Neil Armstrong, Edwin Aldrin, dan Michael Collins - serta semua tim NASA yang terlibat dalam misi ini.

Baca juga: Alasan NASA Kirim Sel Organ Manusia Hidup ke Stasiun Luar Angkasa

"Kami ingin merayakan 50 tahun peluncuran Apollo 11 dengan model (LEGO) yang sangat detail," ujar juru bicara LEGO.

Dia menjelaskan, replika Apollo 11 ini bukanlah mainan untuk anak-anak, namun untuk dikoleksi para penggemar dunia luar angkasa.

Dalam satu set LEGO berisi dua astronot, permukaan bulan, dan bendera Amerika. Selain itu, set LEGO ini juga memiliki dua teluk dan platform penurun Modularized Equipment Stowage Assembly (MESA) yang berisi kamera TV LEGO untuk menyiarkan langkah pertama Armstrong di Bulan.

Lubang teluk kedua dari kedua mewakili EASER (Paket Eksperimen Ilmiah Awal Apollo) dengan representasi yang dapat digunakan dari LRR (Laser Ranging Retroreflector). LRR adalah satu-satunya instrumen yang ditinggalkan astronot Apollo 11 di permukaan Bulan, dan itu masih digunakan sampai sekarang.

LRR terdiri dari 100 cermin yang digunakan untuk mengukur jarak dari Bumi ke Bulan.

Replika LEGO juga memiliki sebuah plakat bergambar  belahan bumi Barat dan Timur mirip seperti yang dimiliki Eagle Lander NASA.

LEGO sebelumnya sudah bekerja sama dengan NASA dalam pembuatan replika pendaratan misi luar angkasa, yakni pada 1975 dan 2003.

LEGO juga telah membuat set bertema NASA lainnya, termasuk Saturn V Rocket, (yang juga berisi pendarat Eagle), set Women of NASA, set Rocket Assembly dan Transport yang terinspirasi NASA, set Space Rocket dan Launch Control set, dan Stasiun Luar Angkasa Bulan.

Baca juga: NASA Gandeng 11 Perusahaan untuk Pendaratan Manusia di Bulan 2024

Kembali ke masa lalu, pada 20 Juli 1969 Eagle Lunar Lander membawa astronot Neil Armstrong dan Buzz Aldrin mendarat ke bulan. Hal ini menjadikan tim Armstrong sebagai  manusia pertama yang berjalan di bulan dan Neil Armstrong sebagai manusia pertama yang menginjakkan kaki di sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com