Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasakan Sensasi Melihat Peluncuran Apollo 11 Seperti 50 Tahun Lalu

Kompas.com - 16/07/2019, 20:06 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber SPACE.COM

KOMPAS.com - 50 tahun lalu, manusia pertama dari Bumi menginjakkan kakinya di Bulan. Misi tersebut dinamai Apollo 11 yang meluncur dari Kenedy Space center pada 16 Juli 1969.

Meski sudah berselang 50 tahun, kini kita masih bisa merasakan sensasi menyaksikan peluncuran misi bersejarah tersebut.

Beberapa pihak swasta menghidupkan kembali misi yang dibuat oleh Badan Antariksa AS (NASA) itu melalui dua streaming langsung.

Simulasi pertama dapat kita saksikan melalui laman ApolloinRealTime.org buatan Ben Feist. Mereka menciptakan pengalaman mendalam dengan menyatukan sejumlah besar audio, gambar, video, dan transkrip dari misi Apollo 11.

Baca juga: Alasan Astronot Ketiga Apollo 11 yang Tidak Ikut Turun ke Bulan

Mereka mencoba menyuguhkan detail bagaimana misi tersebut mengantarkan Neil Armstrong, Buzz Aldrin, dan Michael Collins ke Bulan. Saksikan melalui laman tersebut: https://apolloinrealtime.org/11/

Situs lain yang juga memberikan sensasi peluncuran Apollo 11 dibuat oleh Simulation Curriculum. Mereka menghidupkan kembali misi tersebut melalui rendering digital yang terperinci.

Widget buatan Simulation Curriculum itu memungkinkan pemirsa melacak misi Apollo 11 sekaligus lokasi planet dan bintang bersejarah.

Aplikasi yang digunakan oleh Simulation Curriculum adalah perangkat lunak Starry Night dan SkySafari 6.

"Generasi saat ini mengingat 'satu langkah kecil Neil Armstrong' dengan data misi Apollo di Starry Night dan SkySafari," ungkap Seth Meyers dari Simulation Curriculum dikutip dari Space.com, Selasa (16/07/2019).

"Jutaan penggemar ruang angkasa akan dapat merasakan sensasi misi luar angkasa uang penting ini dengan simulasi yang tepat," sambungnya.

Saksikan re-live Apollo 11 melalui laman: https://www.simulationcurriculum.com/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SPACE.COM
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com