Inilah Dinosaurus Kedua dari Australia, Masih Terbungkus Batu Opal

Kompas.com - 05/06/2019, 18:32 WIB
Ilustrasi dinosaurus Australia, Fostoria dhimbangunmal. Ilustrasi dinosaurus Australia, Fostoria dhimbangunmal.

KOMPAS.com - Banyak fosil dinosaurus ditemukan di Asia, Eropa, dan Amerika, tapi hanya sedikit yang ditemukan di Australia dalam seratus tahun terakhir.

Meski sedikit ditemukan, bukan berarti tidak ada jejak dinosaurus di negeri kanguru itu. Terbaru, para ilmuwan menyadari adanya sisa tulang belulang dinosaurus asing yang belum pernah dipelajari di museum tertua milik Australia.

Merujuk pemberitaan Science Alert, Rabu (5/6/2019), fosil tersebut merupakan bukti pertama kehidupan kawanan dinosaurus di Australia, termasuk kerangka dinosaurus terbungkus dalam batu opal yang paling lengkap di dunia.

"Hal seperti ini tidak pernah terjadi di Australia," ujar pemimpin penulis Phil Bell.