Mirip Bayi Manusia, Dinosaurus Juga Merangkak Dulu Sebelum Bisa Jalan

Kompas.com - 29/05/2019, 09:32 WIB
Fosil Mussaurus patagonicus. science alertFosil Mussaurus patagonicus.

KOMPAS.com - Kebanyakan hewan tidak memerlukan latihan untuk berjalan, tapi ternyata ada jenis dinosaurus yang harus belajar merangkak dengan empat kakinya sebelum bisa berjalan sempurna dengan kedua kakinya.

Dinosaurus yang dimaksud adalah sauropoda bernama Mussaurus patagonicus. Dinosaurus ini hidup sekitar 200 juta tahun di Argentina. Peneliti mengungkapkan, pertumbuhan drastis pada tahun-tahun awal kehidupannya menunjukkan bagaimana tubuhnya mengalamai perubahan.

Temuan ini didasarkan pada rekonstruksi 3D yang dibuat berdasarkan fosil dari tiga tahap kunci kehidupan dinosaurus yakni penetasan, tumbuh, dan dewasa. Dari fosil ini peneliti dapat mengukur di mana pusat massa tubuh dinosurus berada.

Baca juga: Bukan Hewan Baru, Kutu Busuk Meneror Makhluk Bumi Sejak Era Dinosaurus

"Kami telah berjuang untuk menemukan hewan selain manusia yang mengalami transisi itu. Dan menemukan transisi dalam catatan fosil merupakan hal yang sangat luar biasa," kata Andrew Cuff, paleontolog University of London dilansir Live Science, Selasa (28/5/2019).

Ketika menetas, bayi M.patagonicus beratnya sekitar 60 gram. Pada tahap ini, para ilmuwan mengatakan hewan itu memiliki kepala relatif besar, serta mempunyai lengan bawah yang berkembang dengan baik. Lengan inilah yang digunakan untuk merangkak.

Ketika Mussaurus patagonicus menetas, ukurannya sangat kecil sehingga pas di tangan orang dewasa. Ketika Mussaurus patagonicus menetas, ukurannya sangat kecil sehingga pas di tangan orang dewasa.

Ketika ukurannya bertambah dan tumbuh ekor yang lebih panjang, pusat gravitasi dinosaurus akan bergeser ke daerah panggul. Pergeseran itu yang kemudian menurut peneliti memungkinkan dinosaurus berdiri dan kemudian berjalan dengan dua kaki.

Pada tahap menjadi dewasa, M. patagonicus sendiri akan tumbuh sekitar enam meter dan berat di atas 1.000 kilogram.

"Kami tidak tahu apakah pola ini juga berlaku untuk semua sauropoda. Tapi fakta bahwa kelompok hewan ini mengubah gerakan mulai merangkak dan berjalan seperti manusia adalah sesuatu yang menarik," kata Alejandro Otero dari Museum La Plata di Argentina.

Baca juga: Seukuran Burung Murai, Dinosaurus Baru Ini Punya Sayap Mirip Kelelawar

Sebagai catatan, kebanyakan sauropoda berleher panjang tak pernah sampai pada tahap berjalan tegak. Sepanjang hidup, mereka berjalan merangkak dengan empat kaki untuk menopang tubuh mereka. Dan berkat catatan fosil M.patagonicus kita bisa lebih dekat untuk memahami bagaimana itu terjadi.

Selain itu, mendapatkan fosil yang dapat menceritakan fase kehidupan dinosaurus merupakan sesuatu yang luar biasa. Salah satu kesulitannya adalah menemukan fosil dinosaurus yang baru menetas dan dinosurus remaja karena ukurannya yang kecil. Peneliti pun butuh sekitar 50 tahun untuk menyusun M. patagonicus dan menentukan berapa banyak dinosaurus yang merangkak sebelum berjalan.

Studi mengenai M.patagonicus telah dipublikasikan dalam Scientific Reports.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X