Gadget Langka Milik Nazi di Era Perang Dunia II Dilelang Rp 2,8 MIliar

Kompas.com - 31/05/2019, 13:03 WIB
Penampakan mesin enigma Nazi yang dilelang dengan harga Rp 2,8 miliar. Penampakan mesin enigma Nazi yang dilelang dengan harga Rp 2,8 miliar.

KOMPAS.com - Saat terjadi Perang Dunia pada 1943 sampai 1945, Nazi menggunakan gadget canggih di masanya untuk mengirim pesan rahasia. Gadget canggih itu bernama Enigma, dan dikabarkan sedang dilelang.

Merujuk Live Science, Rabu (29/5/2019), perangkat Enigma terbilang unik dan menarik karena memiliki rotor tiga sandi (M3) yang dirancang khusus oleh Angkatan Laut Jerman, bahkan memiliki nama khusus Funkschlüssel.

Perangkat Enigma terbilang langka dan sulit ditemukan. Apalagi setelah perang berakhir Jerman segera menghancurkan gadget tersebut agar rahasia komunikasi tetap terjaga.

Selain Nazi, mesin enigma juga dihancurkan pasukan sekutu atas perintah Perdana Menteri Inggris, Sir Winston Churchill. Setidaknya hingga saat ini hanya menyisakan 250-an perangkat Enigma era Perang Dunia II.

Baca juga: Gigi Hitler Ungkap Kisah Asli Kematian Pemimpin Nazi

Meski sudah jarang, nyatanya ada banyak orang tahu tentang keberadaan peralatan kuno yang canggih ini, terlebih setelah keluarnya film dokumenter berjudul "The Imitation Game" pada 2014.

Film The Imitation Game bercerita tentang usaha yang dilakukan ilmuwan Inggris bernama Alan Turing untuk memecahkan kode mesin Enigma.

Pekerjaan itu bukan sesuatu yang mudah, sebab mesin enigma dapat mengacak satu kata menjadi 17.576 kombinasi, yang tidak termasuk huruf asli dalam kata.

Mesin enigma sebagai alat komunikasi penting di masa Perang Dunia II, saat ini hanya menyisakan 250 buah. Mesin enigma sebagai alat komunikasi penting di masa Perang Dunia II, saat ini hanya menyisakan 250 buah.

Setelah berbagai usaha dan percobaan, Turing dan timnya berhasil memecahkan kode setelah menyadari setiap percakapan selalu diakhiri dengan kalimat "Heil Hitler".

Hal ini membantu pihak sekutu mendekonstruksi pesan dan memberi pandangan yang belum pernah diketahui sebelumnya.

Mesin enigma yang bakal dilelang masih tersimpan di kotak kayu asli. Roda logamnya memiliki ukiran lambang Reich Ketiga, berupa elang hitam di atas Swastika (simbol paling disucikan dalam tradisi Hindu, red).

Di bagian dalam kotak kayu terdapat instruksi dalam bahasa Jerman tentang cara membersihkan dan mengkonfigurasi mesin.

Baca juga: Pilih Mana, Dikenal sebagai Nazi Seumur Hidup atau Potong Tangan?

Menurut lembaga lelang Nate D. Sanders Auctions, keyboard QWERTZ (berbeda dari keyboard QWERTY saat ini) pada mesin enigma masih berfungsi. Dari 26 lampu yang menyala, hanya satu yang rusak.

Mesin enigma langka ini dilelang mulai harga Rp 2,8 miliar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X