Kompas.com - 30/05/2019, 17:00 WIB
Salah satu obyek wisata yang wajib disambangi saat berkunjung ke Kota Solo adalah Keraton Surakarta Hadiningrat Dok. KemenparSalah satu obyek wisata yang wajib disambangi saat berkunjung ke Kota Solo adalah Keraton Surakarta Hadiningrat

KOMPAS.com - Arus mudik mulai memenuhi jalanan dari ibukota menuju daerah-daerah lain. Salah satu kota yang menjadi tujuan para pemudik tahun ini adalah Solo atau yang dikenal dengan nama resmi Surakarta.

Wilayah yang berjuluk kota budaya ini menyimpan banyak kisah sejarah. Sembari menuju kota ini, tak ada salahnya jika kita merunut kembali riwayat nama Solo dan Surakarta.

Sejarah nama Solo sendiri sebenarnya tidak lepas dari masa penjajahan. Kata Solo sebenarnya adalah pengucapan oleh orang Eropa yang tidak bisa menyebut Sala.

Ya, sebetulnya, kota ini bernama Sala.

Baca juga: Terminal Tirtonadi Solo Punya Tempat Istirahat Copet, Apa Maksudnya?

Sebelum menjadi kota seperti sekarang, Sala adalah sebuah desa yang banyak ditumbuhi tanaman sejenis pinus. Dalam serat Babad Sengkala, tanaman ini disebut dengan tanaman sala.

Desa Sala kemudian menjadi maju setelah Keraton Kasunanan memindahkan lokasi kerajaannya. Sebelumnya, Keraton Kasunanan terletak di wilayah Kartasura (hanya berjarak 11,5 km dari Solo).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika etnis China di Batavia mulai ditindas oleh VOC, mereka kemudian melarikan diri ke wilayah Jawa Tengah. Mereka juga memasuki wilayah Keraton Kartasura.

Saat itu, Keraton Kartasura dianggap cukup mesra dengan Belanda. Akibatnya, terjadi pemberontakan oleh etnis China yang dipimpin Sunan Kuning kepada Keraton Kartasura.

Menyaksikan istananya hancur, Sunan Pakubuwana II kemudian memerintahkan untuk mencari lokasi untuk memindahkan kerajaan. Untuk itu, diutuslah beberapa abdi dalem mencari lokasi terbaik.

Para abdi dalem kemudian menemukan tiga lokasi yang dianggap cukup cocok untuk mendirikan pusat pemerintahan yang baru, yaitu Desa Sala, Desa Kadipolo, dan Desa Sana Sewu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.